Penyebab Cat Body Motor Gampang Pudar & Kusam (Jangan Kaget)

Penyebab cat motor cepat kusam - Bagi sobat bikers yang mempunyai sebuah tunggangan berupa sepeda motor baik matic, bebek, kopling dan sebagainya pastinya akan merasa kesal jika cat body motor terlihat pudar atau kusam.

Apalagi jika kendaraan yang bersangkutan lumayan belum lama dibeli pastinya akan merasa bikes alias bikin kesel :D.

Cat body motor yang terlihat kusam akan berdampak juga pada penampilan sobat bikers ketika menggunakannya. Motor akan terlihat seperti sudah buruk dan kotor.

Sebetulnya ada beberapa penyebab cat motor bisa cepat pudar baik karena unsur kesengajaan prilaku yang salah hingga tanpa disadari oleh si pemilik motor.

Nah, jika motor sobat merasa terlihat sudah kusam mungkin prilaku atau faktor di bawah ini tanpa sengaja sobat lakukan. Berikut beberapa penyebab cat motor cepat rusak;

Penyebab Cat Motor Cepat Kusam 👈

cat motor
penyebab cat motor pudar

Faktor-faktor yang akan kita bahas ini mungkin ada beberapa yang sobat lakukan, bahkan mungkin ada sebagian orang yang melakukan hal dibawah ini lebih dari satu. Wah, jika itu dilakukan terus-menerus ya wajar jika body motor sobat pudar.

Nah, kira-kira apa saja faktornya, silahkan dibaca sampai habis ya :)

A. Penyebab Kusam, Pertama

Seperti yang sudah kita sebutkan di atas bahwa penyebab cepat kusamnya body motor sobat disebabkan oleh banyak faktor diantaranya kebiasaan buruk ini.

Apakah sobat merasa jika atau ketika sobat memarkirkan motor baik di rumah atau pusat perbelanjaan di letakan di tempat yang panas selama berjam-jam?

Sinar matahari yang yang mengenai body motor dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus bisa membuat cat mengalami reaksi.

Ingat sobat, cat merupakn bahan kimia yang sebagian besar bahan kimia akan bereaksi jika terkena panas baik dari panas api atau sinar matahari.

Mungkin sobat berfikir...kan catnya sudah kering. Jangan salah ada beberapa bahan kimia yang walau telah panas tetap bisa mengalami reaksi perubahan.

Mangkanya peralatan makanan dan minuman jika terbuat dari campuran zat kimia harus terbuat dari bahan yang tidak mudah bereaksi, sehingga aman untuk kesehatan.

Solusi yang bisa sobat lakukan : Jika sobat melakukan aktifitas selalu menggunakan motor seperti untuk kerja, kulia, sekolah. Usahakan parkirkan motor sobat di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Bisa dibawah pohon, garasi, dan sebagainya.

B. Penyebab Kusam, Kedua

Ada yang bilang jika benda yang di gunakan mencerminkan sifat si pemiliknya, dimana jika barang tersebut terlihat bersih dan rapih maka si pemiliknya juga memiliki kepribadian yang sama.

Motor yang jarang di cuci dan dibersihkan akan membuat tampilan motor terlihat jelek dan buruk, dan jelas tidak akan enak di pandang.

Buruknya tampilan sepeda motor ini bukan satu-satunya dampak yang bisa ditimbulkan jika motor sobat jarang dibersihkan namun akan berdampak pada hal yang lebih fatal.

Yaitu cat body motor sobat akan mengalami pudar. Ini bisa terjadi karena antara cat dengan kotoran bisa saling merekat lebih kencang dan jika sobat membersihkan akan memerlukan gosokan yang kuat.

Gosokan inilah yang akan mengikis cat body motor sobat dimana lama kelamaan akan semakin pudar.

Solusi yang bisa sobat lakukan : Usahakan bersihkan motor sobat secara berkala apabila sudah terlihat banyak kotoran yang menempel baik debu, cipratan tanah, dan bercak air ketika habis terkena hujan. Jangan tunggu sampai kotoran menebal.

C. Penyebab Kusam, Ketiga

Penyebab cat motor cepat kusam yang ketiga ada hubungannya dengan nomor dua, dimana ketika sobat jarang membersihkan kotoran yang menempel di body dan sudah menebal maka untuk membersihkannya sobat akan memerlukan cairan pembersih yang lebih banyak dari takaran biasa.

Kelebihan penggunaan cairan pembersih bukan hanya bisa merontokan kotoran saja namun juga bisa merusak struktur cat itu sendiri.

Solusi yang bisa sobat lakukan : Jika sobat menggunakan cairan pembersih untuk menghilangkan kotoran pada body maka gunakan sesuai takaran dan jangan langsung dituangkan pada mody motor, namun larutkan dulu ke air pada wadah...nah baru digunakan.

D. Penyebab Kusam, Keempat

Penyebab selanjutnya yaitu hujan asam. Wih mendengarnya agak sedikit gimana gitu yah. Hujan asam itu jika kita artikan dalam bahasa awam adalah hujan yang tingkat keasamannya tinggi melebihi hujan biasa/normal.

Keasaman pada hujan ini disebabkan buruknya udara disekitar / polusi yang berasal dari asap pabrik, kendaraan bermotor, dan polah prilaku burum manusia lainnya. Terlebih dengan minimnya tumbuhan diperkotaan.

Hujan asam mengandung asam nitrat (HNO3) yang bisa merusak lapisan cat pada kendaraan. Namun tidak hanya itu saja bahayanya, asam nitrat juga bisa menyebabkan korosit pada/karatan pada besi.

Solusi yang bisa sobat lakukan : Cuci motor jika habis terkena hujan, terutama bagi sobat yang tinggal diperkotaan besar karena semakin banyak polusi maka semakin tinggi kandungan asam nitrat pada air hujan tersebut.

Nah sob, gimana...Apa hal-hal diatas sering sobat lakukan terhadap sepeda motornya? Semoga dengan postinga saya satu ini bisa menambah pemahaman sobat ya aamiin. Dan jika sudah mengetahuinya jangan di ulangi lagi ya sob hehe 😁. Okelah itu saja seputar penyebab cat body motor bisa pudar. Jika bermanfaat monggo di bagikan ke rekan sobat biar pada sadar 😄. Thanks youuuuu.

Jika motor sobat terlanjur kusam dan ingin mengembalikan kilapan dan kinclongannya, bisa membaca postingan sebelumnya yaitu cara membuat body motor mengkilap seperti baru yang bisa sobat terapkan pada motor sobat.

Sinonim : cat body motor kusam, cat motor pudar, cat motor, pembersih body motor, cara mengkilapkan motor,

Related Posts :