Cara Belajar Mengendarai Motor Kopling - Sepeda motor berjenis kopling pastinya banyak disukai oleh para pria. Bagaimana tidak, dengan mengendarai motor kopling seorang pengendara terlihat lebih maskulin dan cool, terutama dimata para wanita.
Sebenarnya apa pengertian kopling tersebut?
Kopling adalah komponen motor yang menghubungkan poros engkol dengan poros roda gigi transmisi. Dengan fungsi yaitu untuk mengatur daya yang disalurkan dari mesin ke transimisi, kemudian transmisi mengubah kecepatan mesin sesuai dengan yang diinginkan.
Motor kopling yang dipasaran contohnya adalah Honda CBR, Yamaha Vixion, Ninja RR Mono, dan masih banyak lagi. Sebenarnya untuk mengendarai motor kopling caranya mudah, namun tidak sedikit pula yang belum terbiasa dengan motor jenis ini sehingga merasa sulit.
Mengendarai motor kopling yang memiliki kopling manual memerlukan teknik khusus terutama saat berhenti dan transmisi dari satu gigi ke gigi lainnya. Tidak seperti motor bebek yang tinggal injak tuas transmisi saja ketika akan berpindah gigi, hal ini karena adanya kopling otomatis, untuk motor kopling tidak begitu.
Nah jika kamu baru belajar mengendarai motor kopling dan belum tahu caranya seperti apa, mungkin tips dibawah ini bisa kamu terapkan.
Cara Mengendarai Motor Kopling 👴
Mengapa motor sport selalu mengunakan kopling manual ?
Jika pada motor bebek anda tinggal injak tuas transmisi saja ketika akan berpindah gigi, hal ini karena adanya kopling otomatis. Namun kelemahanya banyak tenaga yang hilang di kopling otomatis tersebut.
Nah maka dari itu semua motor sport menggunakan kopling manual sebagai alat pemindah daya. Jika anda akan berpindah gigi maka harus memainkan tuas kopling yang ada di setang kemudi.
Selain itu perbedaan lainya adalah pola pemindahan gigi. Pada umumnya sepeda motor yang menggunakan kopling manual memiliki pola perpindahan gigi 1-N-2-3-4-5.
Nah untuk pindah dari posisi netral ke gigi 1 gerakan tuas transmisi ke depan, untuk berpindah ke gigi 2 hingga 5 gerakan ke belakang. Berikut kami sajikan cara mengendarai motor kopling dengan mudah:
Sourch: tips dan trick otomotif terbaru
Sebenarnya apa pengertian kopling tersebut?
Kopling adalah komponen motor yang menghubungkan poros engkol dengan poros roda gigi transmisi. Dengan fungsi yaitu untuk mengatur daya yang disalurkan dari mesin ke transimisi, kemudian transmisi mengubah kecepatan mesin sesuai dengan yang diinginkan.
sumber image: motorcycletraining.com
Motor kopling yang dipasaran contohnya adalah Honda CBR, Yamaha Vixion, Ninja RR Mono, dan masih banyak lagi. Sebenarnya untuk mengendarai motor kopling caranya mudah, namun tidak sedikit pula yang belum terbiasa dengan motor jenis ini sehingga merasa sulit.
Mengendarai motor kopling yang memiliki kopling manual memerlukan teknik khusus terutama saat berhenti dan transmisi dari satu gigi ke gigi lainnya. Tidak seperti motor bebek yang tinggal injak tuas transmisi saja ketika akan berpindah gigi, hal ini karena adanya kopling otomatis, untuk motor kopling tidak begitu.
Nah jika kamu baru belajar mengendarai motor kopling dan belum tahu caranya seperti apa, mungkin tips dibawah ini bisa kamu terapkan.
Cara Mengendarai Motor Kopling 👴
sumber image: patnwilton
Jika pada motor bebek anda tinggal injak tuas transmisi saja ketika akan berpindah gigi, hal ini karena adanya kopling otomatis. Namun kelemahanya banyak tenaga yang hilang di kopling otomatis tersebut.
Nah maka dari itu semua motor sport menggunakan kopling manual sebagai alat pemindah daya. Jika anda akan berpindah gigi maka harus memainkan tuas kopling yang ada di setang kemudi.
Selain itu perbedaan lainya adalah pola pemindahan gigi. Pada umumnya sepeda motor yang menggunakan kopling manual memiliki pola perpindahan gigi 1-N-2-3-4-5.
Nah untuk pindah dari posisi netral ke gigi 1 gerakan tuas transmisi ke depan, untuk berpindah ke gigi 2 hingga 5 gerakan ke belakang. Berikut kami sajikan cara mengendarai motor kopling dengan mudah:
- Putar kunci kontak pada posisi “ON”
- Lebih baik posisikan transmisi pada posisi netral dengan ditandai menyalanya lampu indicator (biasanya berwarna hijau) kemudian tekanlah tombol starter. Yang perlu diperhatikan dalam menekan tombol starter ini jangan terlalu lama, maksimal 3 detik. Karena jika terlalu lama bisa menyebabkan aki tekor.
- Untuk menjalankan motor masukan gigi transmisi ke posisi gear 1. Caranya tarik terlebih dahulu handle kopling, baru injak tuas transmisi kearah depan.
- Inilah yang kebanyakan orang yang baru belajar mengendarai motor kopling kesulitan. Saat akan berjalan biasanya melepaskan tuas kopling secara mendadak, akibatnya motor langsung mati. Untuk itu lepaskanlah tuas kopling secara perlahan diiringi dengan memutar handle gas secara perlahan.
- Jika kendaraan sudah berjalan maka mulailah untuk melepaskan tuas kopling/ handle rem. Setelah kendaraan berjalan kira-kira 10 Km/ jam lakukanlah penggantian ke gear no.2. Caranya dengan menekan tuas kopling dan injak tuas transmisi ke belakang. Nah yang perlu diperhatikan adalah dalam menekan tuas kopling ini tekanlah secara penuh sehingga kopling benar-benar terpisah dari putaran mesin. Dengan melakukan demikian akan membuat kampas kopling sepeda motor anda lebih awet. Untuk berpindah lagi ke gigi diatasnya lakukanlah dengan cara yang sama.
- Nah jika ingin berhenti, tariklah tuas kopling dan lepaskan atau putar balik handle gas serta diiringi menekan tuas rem.
- Setelah berhenti kembalikan gigi transmisi ke posisi 1, nah untuk memindah ke posisi netral ungkit tuas transmisi ½ saja, jika penuh maka akan kembali ke gear 2 lagi.
- Setelah gigi transmisi ke posisi netral, anda boleh melepaskan tuas kopling dan kemudian memutar kunci kontak ke posisi “off”
Sourch: tips dan trick otomotif terbaru
Kata kunci : cara mengendarai motor kopling di tanjakan / saat macet / saat belok / di tanjakan dan turunan / cara mengendarai mobil kopling, cara mengendarai motor kopling satria fu, gigi motor kopling, cara mengendarai motor kopling jupiter mx.