Penyebab Shockbreaker Motor Rusak dan Cirinya

Penyebab shockbreaker motor rusak - Jika berbicara seputar motor pastinya tidak akan ada habisnya. Motor merupakan salah satu tunggangan yang sangat digemari oleh semua kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua.

Jadi gak salah jika motor akan selalu digunakan untuk melakukan segala aktifitas mulai dari bekerja, sekolah, kulia, hingga jalan-jalan bersama pacar aseek :D.

Karena begitu banyak hal yang dilakukan dengan motor milik sobat, maka gak salah jika motor terasa tidak nyaman seperti ketika baru pertama beli.

Sebetulnya banyak hal yang menyebabkan sepeda motor sobat terasa kurang nyaman ketika ditunggangi, ya salah satunya adalah shockbreaker motor sudah mulai rusak.

Penyebab Shockbreaker Cepat Rusak

shockbreaker motor
sumber gambar: bukalapak.com

Banyak hal yang bisa membuat shock breaker sepeda motor sobat cepat mengalami kerusakan, diantaranya adalah yang akan kita bahas dibawah ini;

Penyebab 1, Main Hantam ketika sobat melewati jalan yang tidak mulus. Misalnya saja ketika melewati polisi tidur, ketika melewati lubang yang dalam, dan menginjak batu. Sebaiknya sobat mengurangi kecepatan ketika melewati trek-trek bersangkutan karena bukan hanya shockbreaker saja yang bisa cepat rusak, ban motor sobat pun akan cepat pecah/bocor.

Penyebab 2, Menggunakan barang tiruan merupakan salah satu penyebab shockbreaker cepat rusak, pastinya sobat paham jika barang murah kualitas patut dipertanyakan. Oleh sebab itu usahakan sebelum membeli sobat bikers harus jeli dan bila perlu menggunakan yang resmi dari dealer.

Jika shockbreaker sudah mengalami masalah maka dampak yang jelas terasa adalah tidak nyamannya sepeda motor ketika melewati jalan yang bergelombang. Untuk mempersingkat waktu berikut;

Ciri-ciri Shockbreaker yang Rusak

Ciri Pertama shockbreaker telah rusak - Hal pertama yang bisa sobat rasakan secara kasat mata adalah motor akan terasa tidak nyaman ketika melewati jalan baik berlubang maupun terdapatnya polisi tidur.

Shockbreaker merupakan komponen sepeda motor yang berfungsi untuk meredam goncangan ketika melewati jalanan yang tidak rata. nah, jika komponen ini rusak maka daya elastisitas ban dan body motor tidak maksimal sehingga akan sangat terasa kakunya ketika melewati jalanan yang rusak.

Ciri Kedua shockbreaker telah rusak -Apakah ketika sobat bikers naik motor milik sobat dan menggunakan kecepatan medium motor terasa oleng...? Jika iya, maka ini merupakan salah satu tanda jika shockbreaker motor sobat sudah rusak.

Ciri Ketiga shockbreaker telah rusak - Ditemukan rembesan oli yang membasahi tabung shockbreaker yang menjadi tandi shock bocor, cara memperbaiki yakni dengan mengganti as shock dan juga mengisi kembali oli dalam tabung shockbreaker sesuai dengan aturan.

Kebocoran oli pada tabung shockbreaker motor bisa terjadi karena siln sudah sobek, as shock breaker telah aus. Cara merawat shockbreaker adalah dengan sering membersihkannya apabila bikers rutin mengendari motor pada jalan berdebu dan berpasir.

Itulah artikel seputar penyebab dan ciri jika shockbreaker motor telah rusak. Semoga artikel ini bisa membantu sobat bikers yang sedang mengalami masalah seputar shockbreaker. Jika dirasa bermanfaat silahkan bagikan sob ke jejaring sosial milik sobat. Thanks sudah mampir.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »