Cara Membuat Body Motor Agar Mengkilap Seperti Baru (100% Work)

Cara mengkilapkan body motor yg kusam - Banyak yang menyarankan kalau body sepeda motor yang terlihat kusam bisa dihilangkan dengan cara memberi minyak.

Kalau menurut saya sih kurang bagus dilakukan.

Mengapa.....?

Body motor yang diberi minyak ketika selesai mencuci memang akan memberikan kesan mengkilap pada motor, namun akan menimbulkan dampak buruk dikemudian hari.

Pengalaman saya ketika mendapat tips dari seorang teman yang bilang jika cara menghilangkan kusam di body motor bisa memanfaatkan kulit jeruk yang ditambah minyak sayur.

Ketika itu saya langsung menerapkan, memang awalnya mengkilap. Namun setelah beberapa saat ketika dipakai dan terkena sinar matahari, body motor seperti meleleh.

Kapok deh jadinya, gak mau lagi. Nah, agar sobat tidak mengalami hal yang sama lebih baik pilah dulu info yang sobat dapat apakah sudah terbukti atau belum.

Sobat gak mau kan yang awal niatnya mau membuat tampilan motor seperti baru namun yang didapat sebaliknya.

Ini sobat bikers cara agar motor sobat tetap kinclong yang menurut saya wajar dan pasti berdampak plus bagi motor sobat.

Artikel pilihan untuk sobat: tips simpel merawat helm

Cara Mengkilapkan Body Motor

cara mencuci motor agar terlihat baru
 Sumber gambar: youtube.com

Sebetulnya untuk menjaga body motor agar selalu terlihat baru dan mulus adalah rutin membersihkannya. Body yang selalu dirawat akan memiliki tampilan yang baik.

Analogikan saja seperti ini, Jika sobat bikers jarang mandi maka pastinya sobat akan terlihat kumal, kusam, bau, dan acak-acakan bukan.

Begitu juga jika kendaraan bermotor sobat yang jarang dibersihkan, maka akan mengalami nasib yang sama.

Mangkanya hal ini wajib dan perlu sobat lakukan.

Wah, kalau itu mah saya sudah tahu juga....yang ingin saya cari adalah bagaimana cara lainnya...?

Oke sob. Begini...Memang apa yang saya tulis diatas bisa dibilang anak bayi saja sudah tahu kalau untuk membuat tampilan motor yang kusam menjadi kinclong adalah dengan cara mencucinya.

Namun apakah sobat bikers sudah menerapkan cara mencuci yang bisa berdampak pada keberlangsungan tampilan body motor agar selalu terlihat baru....?

Mungkin sebagian orang sudah paham, namun jarang juga yang belum mengerti caranya.

Begini sobat, mencuci motor itu gak boleh salah juga agar body motor sobat gak rusak. Sobat harus terapkan ini.

Okelah gak usah lama-lama berikut caranya;

Artikel pilihan buat sobat bikers: tips aman parkir sepeda motor ditempat umum

#1 Pra Pencucian

semprot motor
Sumber gambar: youtube.com

Sebelum sobat bikers mencuci motor, ada hal penting yang mesti dilakukan dulu, ini wajib dan perlu. Sobat harus membasahi body motor dengan air mengalir bisa menggunakan selang atau gayung yang disiramkan ke body.

Diamkan kira-kira selama 30 detik. JANGAN dulu menggosok body motor sobat, selain itu....

Dalam tahap ini jangan beri body dengan bahan pembersih apa pun juga. Ini tujuannya adalah melepas / mengurangi lekatan kotoran yang menempel pada body.

Jika sobat langsung menggosok body motor tanpa dibasahi maka kotoran yang menempel bisa membuat body motor sobat lecet.

Jika sudah 30 detik maka sobat harus menyiram body motor sobat lagi dengan air, ingat jangan digosok dulu. Jika sudah maka lakukan tahap berikutnya yaitu;

# 2 Penggosokan Body

menggosok body motor
sumber gambar: riesalam.com

Pada tahap ini kotoran kasar yang menempel di body motor sobat seperti pasir, cipratan tanah, dan kotoran tajam lainnya sudah hilang sebagian karena telah disiram dengan air pada tahap sebelumnya.

Walaupun masih ada beberapa kotoran yang menempel, namun daya lekat kotoran pada body sudah berkurang.

Nah untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel inilah maka tugas penggosokan disinilah diperlukan.

Sebelum lanjut, Saya mau bertanya pada sobat bikers semua apakah ketika menggosok body motor sobat melakukan hal ini;
  1. Menumpahkan cairan pembersih langsung pada body motor, atau
  2. Melarutkannya dulu menggunakan wadah

Berdasarkan pengalaman, lebih bagus jika sobat melarutkan cairan pembersih diwadah terlebih dahulu sebelum menggunakannya di body motor sobat.

Tujuannya adalah mengurangi tingkat kepekatan bahan pembersih tersebut sehingga tidak merusak cat motor.

Jika sudah, maka sobat bisa mulai menggosok body motor dengan mennggunakan kain yang berstruktur lembut yang sudah dicelupkan di cairan pembersih motor sebelumnnya.

Silahkan sobat gosok body motor dengan cara satu arah secara perlahan agar semua kotoran terangkat. Setelah semua permukaan body motor telah digosok maka sekarang masuk tahap selanjutnya;

#3 Pembilasan

Ketika sobat bikers menggosok body dengan cairan pembersih maka akan menimbulkan busa yang bercampur dengan kotoran.

Busa tersebut harus dibersihkan dengan menggunakan air mengalir.

Jika pada tahap pertama sobat harus mendiamkan motor yang telah disiram air selama 30 detik, maka setelah body motor dibersihkan dengan cairan pembersih / sabun harus segera di bilas.

Jangan biarkan busah yang ada dibody sampai mengering karena bisa menimbulkan bercak.

Alangkah bagusnya antara tahap 1 hingga ketiga sobat melakukannya diruangan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Ya tujuannya itu tadi supaya busa hasil pembersihan tidak mudah mengering.

#4 Pasca Pencucian

Ini salah satu tahap penting ketika sobat bikers membersihkan body motor.

Setelah selesai dibilas dengan menggunakan air maka sobat bisa langsung mengeringkan dengan menggunaka kain keringyang berstruktur lembut.

Usahakan usap secara satu arah sampai sisa-sisa air kering sepenuhnya. Setelah sobat memastikan semua body motor kering maka langkah selanjutnya adalah pemberian cairan pengkilap motor.

Sobat bisa membeli cairan pengkilap body motor secara offline atau online, namun harus memperhatikan kualitas produknya juga.....

Sebagai penutup bagi kita yang punya kendaraan bermotor adalah rajin-rajinlah membersihkan motor kesayangan sobat agar terlihat bersih.

Ingat sobat bikers, tempilan motor sobat bisa juga diindikasikan karakter si pemiliknya. Jika bersih maka ada kemungkinan yang punya juga bersih atau sebaliknya.

Oke sobat bikers itulah tips dari saya mengenai Cara Membuat Body Motor Agar Mengkilap Seperti Baru yang bisa sobat terapkan.

Semoga postingan ini bisa membantu dan bermanfaat ya, aaminn.

Silahkan dibagikan ke komunitas sobat, salam.....

Other search : cara mengkilapkan body motor seperti baru, cara mengkilapkan motor secara alami, body motor yang pudar, cara membuat motor mengkilap seperti baru, dengan minyak kayu putih, cara mengkilapkan body motor matic, cara mengkilapkan body motor warna hitam, cairan pengkilap motor, cara mengkilapkan body motor dengan bahan sederhana

Artikel Terkait

Previous
Next Post »