Kesalahan Pakai Masker Penutup Hidung Yang Mungkin Belum Sobat Sadari

Cara Pakai Masker Penutup Hidung - Menggunakan kendaraan terbuka seperti sepeda motor memang memerlukan perhatian ekstra agar tubuh tetap aman.

Mulai dari diwajibkan menggunakan helm, kelengkapan kendaraan yang memadai, hingga disarankan menggunakan masker penutup hidung.

Dengan menggunakan masker maka akan mengurangi resiko masuknya debu / polusi / asap masuk kedalam paru-paru ketika mengendarai sepeda motor.

Tidak hanya itu, pakai masker saat naik motor berguna juga akan melindungi kulit muka seperti bibir sobat bikers dari udara panas.

Sudah kita ketahui kalau mencari masker penutup hidung akan ada banyak sekali jenis dan model yang bisa kita temukan mulai dari;
  • Masker sekali pakai
  • Masker respirator
  • Masker berbentuk kain
  • Bahkan saat ini ada yang berbentuk layaknya mulut dan bibir
Berdasarkan jumlah pemakai, masker sekali pakailah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat baik untuk penelitian (laboratorium), kerja, hingga naik motor.

Ini dikarenakan masker sekali pakai mudah didapat dan dihargai cukup murah dipasaran. Dimana haraga untuk satu buah masker sekali pakai hanya Rp.1000 dan jika membeli dalam jumlah banyak akan lebih murah lagi.

Namun perlu diingat dan dicatat!, ternyata dibalik semua itu ternyata ada bahaya jika sobat bikers salah dalam menggunakan masker sekali pakai ini.

Alih-alih mau menjaga kesehatan malah bisa menimbulkan penyakit. Nah, jika kebetulan sobat belum tahu akanhal ini berikut jabarannya;

Bahaya Penggunaan Masker Sekali Pakai 

sumber gambar: antarakalbar.com

Banyak masyarakat yang salah dalam menggunakan masker sekali pakai ketika beraktivitas. Salah satunya adalah menggunakan masker sekali pakai berulang-ulang bahkan sampai berhari-hari tetap digunakan.

Sesuai dengan namanya, masker sekali pakai hanya boleh digunakan satu kali saja. Namun ini akan berbeda jika dijumpai dilapangan.

Masker sekali pakai yang digunakan berkali-kali bukannya dapat melindungi saluran pernapasan sobat, malah bisa menimbulkan penyakit pernapasan.

Hal tersebut disebabkan karena masker sekali pakai terbuat dari bahan yang tidak tahan lama. Seperti yang di kutip dari gayahidup.republika.co.id. Menurut Dokter spesialis paru RS Persahabatan dr Agus Dwi Susanto mengatakan asker sekali pakai untuk melindungi diri dari polutan hanya dapat dipakai maksimal delapan jam sejak dibuka dari kemasannya.

"Dalam literatur disebutkan delapan jam untuk masker disposable karena bahan yang terfiltrasi menempel di masker dan menjadi sarang kuman," ujar Agus Dwi Susanto di Jakarta, Selasa (25/7).

Jika masker digunakan lebih dari delapan jam, kata dr Agus, maka justru dapat memicu infeksi karena kelembapan menyebabkan terjadinya penumpukan mikroorganisme. Masker tidak dapat dipakai berulang-ulang, meskipun setelah dikeluarkan dari kemasan belum dipakai lama.

Nah, sob sekarang nambah tahu dong jika masker sekali pakai tidak boleh digunakan berkali-kali ya. Jika sobat mau hemat beli saja masker yang bisa digunakan berkali-kali/dicuci, dari pada terjadi apa-apa mendingan sobat nurut aja deh hehe.

Oke sobat bikers itulah postingan Saya kali ini seputar kesalahan dalam memakai masker penutup hidung, semoga bisa menambah wawasan sobat sekalian ya, aamiin. Silahkan dishare sob, thanks you.....

Keyword: cara memakai masker mulut, cara memakai masker kain, cara memakai masker penutup hidung yang benar, cara memakai masker kain tali panjang, masker bedah, masker hidung dan mulut, cara memakai masker hidung, macam-macam masker penutup hidung

Artikel Terkait

Previous
Next Post »