Bagaimana Tips & Cara Merawat Motor Matic Paling Baik?

Bagaimana Cara Merawat Motor Matic yang Benar...?

Tips dan cara merawat motor matic - Kita mengenal berbagai macam merk motor matic yang ada dipasaran dari berbagai vendor.

Sebut saja motor matic merk beat, vario, mio, dan sebagainya. Semuanya bagus dan patut dijadikan referensi jika sobat bikers mau membelinya.

Hal ini dikarenakan setiap produsen memberikan / menanamkan teknologi andalan mereka masing-masing, jadi sobat bikers tidak perlu khawatir. Sayangnya, banyak pengguna motor matic itulah yang merusak motornya sendiri.

Bayangkan saja, Cara naik motor matic yang benar pun belum banyak yang tahu, jadi jangan heran jika sepeda motornya bolak balik masuk bengkel.

Nah, bagi sobat bikers yang punya sepeda motor berjenis matic bisa menerapkan beberapa tips dari So'Tips berikut ini agar motor matic-nya selalu prima.

Kan gak lucu ya, lagi asik-asik ngajak jalan gebetan motornya mogok 😄. Monggo dibaca sampai kalimat terakhir...

Tips & Cara Merawat Motor Matic

cara merawat motor matic
sumber gambar: thoughtco.com

Untuk menjaga performa sebuah sepeda motor apa pun jenisnya, sobat bikers harus selalu memperhatikan keadaan mesin. Sobat bisa memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Proses pemanasan mesin berguna untuk memaksimalkan fungsi pelumasan. Begini sobat bikers, ketika motor sobat mati dalam waktu yang lama (malam hari - pagi misalnya), maka fungsi pelumasan juga ikut berhenti.

Fungsi pelumasan yang tidak berjalan normal akan mengakibatkan gesekan antar komponen mesin semakin besar sehingga bisa mengakibatkan motor sobat cepat rusak. Tidak hanya itu saja....

Proses pemanasan mesin juga berfungsi untuk proses pembakaran yang lebih sempurna. So,sobat bikers wajib melakukan ini jika ingin motor maticnya awet.

Wah kalau ini mah saya sudah tahu dari zaman kadal min, jadi gak usah diberi tahu lagi...Oke, oke mungkin tips satu ini semua sobat bikers sudah paham. Agar tidak ada perdebatan diantara kita sobat bisa baca tips lainnya dibawah ini;

1. Perhatikan Kecepatan di Jalan Rusak

Sobat bikers harus tahu bahwa motor jenis matic itu hanya memiliki satu buah pegas bukan dua buah layaknya motor bebek atau kopling. Jumlah pegas yang lebih sedikit mengakibatkan daya elastisitasnya lebih rendah dibandingkan motor dengan dua pegas.

Jumlah pegas yang lebih sedikit membuat ban cepat pecah / kempis jika melewati jalan yang rusak, berbatu dan melewati polisi tidur. Oleh sebab itu usahakan kurangi kecepatan ketika melewati jalan yang kondisinya tidak bagus.

2. Bahan Bakar Minyak

BBM bisa di anggap sebagai sebuah nyawa bagi kendaraan bermotor, tanpa bahan bakar motor tidak akan bisa berjalan (diluar pengecualian). Entah disadari atau tidak, banyak pengguna motor sering membiarkan kendaraannya mengalami krisis bbm.

Padahal seringnya mengalami kehabisan bensin bisa membuat mesin bekerja ekstra sehingga bisa berdampak kerusakan. Sobat bikers bisa memperhatikan spidometer motor sobat apakah sudah mendekati warna merah. Usahakan hindari hal ini jika tidak mau motor matic sobat rusak.

3. Oli (Pelumas)

Sobat bikers pernah mendengar jika obat untuk orang dewasa tidak akan bisa digunakan untuk anak-anak bukan. Bisa sih jika dipaksakan, tapi akan berdampak buruk bagi anak tersebut seperti overdosis hingga keracunan.

Ini juga berlaku untuk motor matic yang sobat miliki, dimana oli (pelumas) untuk motor jenis matic akan berbeda dibandingkan dengan motor jenis lain. Jika sobat akan mengganti oli mintalah merk oli khusus untuk motor matic, tanyakan kepada mekaniknya, jangan mau dikasih yang asal.

Sobat bikers juga harus rajin mengganti oli jika telah mencapai batas maksimum / sudah waktunya mengganti pelumas jangan menunda-nunda agar motor sobat tetap prima.

4. Cek Kondisi Ban

Tips merawat motor matic yang bisa sobat lakukan selanjutnya yaitu selalu cek kondisi ban kendaraan sobat bikers. Tekanan udara pada ban harus selalu pas dengan ketentuan, tidak terlalu keras dan tidak terlalu kekurangan angin.

Tekanan angin yang terlalu besar akan mengakibatkan ban sangat kaku sehingga akan sangat terasa sekali jika melewati jalan rusak dan bergelombang, sedangkan jika kekurangan angin bisa merusak ban dalam.

5. Aki dan Busi 

Periksalah secara bertahap kondisi komponen sepeda motor sobat bikers seperti aki dan busi. Jika kedua komonen ini dirasa bermasalah silahkan ganti dengan yang baru. Busi dan aki yang sudah tidak bekerja akan mengakibatkan motor sobat bisa mogok ditenga jalan.

6. Perhatikan On Off

Jika sobat bikers teliti sebuah motor matic memiliki standart yang merangkap starter (on off). Ini bisa sobat sadari ketika menurunkan standar maka secara otomatis mesinakan mati. Sebenarnya tujuan akan hal ini adalah memudahkan pengguna ketika akan memarkirkan motor.

Terkadang ada orang yang dengan sengaja mematikan motor dengan cara menurunkan standart ini, bukan menggunakan kunci. Padahal fungsi standar bukanlah untuk mematikan mesin namun untuk meletakan motor. Mungkin dampaknya tidak akan dirasakan dalam waktu dekat, namun percayalah dampak buruknya akan sobat bikers rasakan dikemudian hari.

7. Seputar Rem

Jika pada motor bebek dan kopling, rem berada pada pijakan kaki dan stang kanan, maka pada motor matic remnya berada di stang kanan dan kiri. Cara terbaik menggunakan fitur ini adalah meremas secara bersamaan jika sobat ngerem.

Ini dimaksudkan agar ban belakang dan depan sama-sama berhenti. Jika hanya salah satu rem yang digunakan dapat menyebabkan motor oleng dan bukan tidak mungkin sobat bikers bisa tergelincir jatuh. Mengerem dengan satu ban saja juga bisa merusak rotasi ban sehingga performa motor tidak prima.

Oke sobat bikers, itulah tips dan cara merawat motor matic dari saya, semoga informasi ini bisa membantu sobat bikers sekalian ya, aamiin. Silahkan di share sobat, terimakasih banyak sudah berkunjung :)

Kata kunci : cara merawat motor matic beat, motor matic injeksi, vario, perawatan motor matic injeksi yamaha, motor matic mio, service motor matic, vario techno, cara mencuci motor matic

Related Posts :