Resiko Tidak Pakai Masker Penutup Hidung Saat Naik Motor

Masker Penutup Hidung - Menggunakan kendaraan roda dua seperti motor memang memberikan kesan tersendiri ketika berpergian baik jarak jauh maupun dekat.

Dengan menggunakan sepeda motor akan lebih praktis dan sekaligus bisa menikmati pemandangan alam sekitar.

Namun pernahkah sobat bikers memikirkan kalau ada bahaya yang bisa mengintai kesehatan jika sering berpergian menggunakan motor terutama tanpa memakai masker penutup mulut/hidung.

Masker penutup hidung/mulut secara umum dibagi menjadi beberapa jenis seperti masker sekali pakai, masker yang bisa digunakan berkali-kali, hingga masker yang digunakan untuk kebutuhan penelitian.

Salah satu manfaat jika sobat pakai masker ketika berkendara sepeda motor adalah melindungi sistem pernafasan terutama paru-paru dari paparan polusi hasil sisa pembakaran mesin.

Dengan menggunakan aksesoris motor satu ini maka secara tidak langsung sobat sudah menjaga kesehatan diri.

Bagi sobat bikers yang tidak suka memakai masker ketika mengendarai motor mungkin perlu membaca artikel ini. Dimana ternyata ada beberapa dampak negatif yang bisa ditimbulkan untuk kesehatan terutama jangka panjang.

Berikut 10 Bahaya Tidak Memakai Masker Saat Berkendara Motor yang bersumber dari situs maraisehat.com.

Resiko Kesehatan Ketika Tidak Pakai Masker Penutup Mulut/Hidung

masker penutup hidung
 sumber gambar: tribunnews.com

1.  Mengalami Gangguan Pernafasan Seperti Sesak Nafas

Gangguan pernafasan bisa terjadi pada saat kita tidak memakai masker saat berkendara. Ini disebabkan karena debu dan asap kendaraan yang terhirup masuk bersamaan dengan udara yang kita hirup. Maka memang hanya masker yang dapat menghalau debu dan asap itu. Sekalipun kita pakai helm yang sudah menutupi wajah pun, itu masih kurang ampuh dibandingkan masker.

2. Terkena Kanker Paru-Paru

Tidak pakai masker saat berkendara juga dapat meningkatkan resiko kena kanker paru-paru. Memang perjalanan untuk terkena kanker ini cukup lambat. Bisa sampai 10 tahun semenjak akumulasi debu dan asap kendaraan yang kita hirup. Namun antisipasi dari sekarang adalah jalan terbaik, untuk mencegah kanker paru-paru. Lebih baik mencegah sejak sekarang, daripada mengobati di kemudian hari. Kanker kanker paru biasanya selalu berujung kematian.

3. Serangan Jantung

Serangan jantung adalah sensasi sakit jantung yang mendadak. Ini bisa menyebabkan syok mendalam hingga mengalami kematian. Banyak orang yang mendadak mati divonisnya kena serangan jantung. Tahukah kamu bahwa serangan jantung itu bisa terjadi pada siapa saja dan tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Gaya hidup buruk seperti tidak memakai masker saat berkendara sangat meningkatkan resiko kena serangan jantung. Waspadalah!

4. Mudah Terkena Flu dan Demam

Orang yang tidak memakai masker saat berkendara juga akan mudah kena virus influenza. Demam selalu menimpa. Apalagi jika orang itu tergolong jenis orang dengan sistem imun yang buruk. Pastilah bakal sakit-sakitan terus. Maka segera saja atasi penyakit ini dengan memperbaiki gaya hidup saat berkendara.

5. Alergi Pernafasan

Alergi pernafasan ternyata bisa disebabkan karena sering menghirup udara kotor di jalanan. Maka kita mesti antisipasi dengan memakai masker. Apa repotnya memakai masker, memang jika belum terbiasa bakalan risih. Tapi kalau sudah terbiasa pastinya tidak akan terganggu sedikit pun. Semua demi kesehatan, jadi lakukanlah!

6. Batuk dan Pilek

Apakah kamu langganan batuk dan pilek padahal sedang tidak musim sakit ini? Ternyata batuk dan pilek juga bisa terjadi karena gaya hidup buruk tidak memakai masker saat berkendara. Kamu mesti melakukan perubahan gaya hidup segera! Tutup segera hidung dan mulutmu dengan masker ketika berkendara!

7. Sakit Kepala

Ya, sakit kepala sangat mungkin terjadi pada orang yang seringkali melakukan hal bodoh tidak memakai masker saat berkendara. Nyeri kepala ini semakin menjadi-jadi dan menjadi sakit kepala kronis yang menahun. Tekanan darah normal namun masih nyeri. Bisa jadi karena udara kotor yang selama ini kita hirup! Sakit kepala ini juga bisa menjadi salah satu ciri dari kanker otak.

8. Bersin-Bersin

Bersin-bersin sudah pasti terjadi bilamana kita tidak memakai masker saat berkendara. Apalagi untuk orang yang memiliki bakat alergi terhadap udara kotor. Maka jangan coba-coba naik motor tanpa helm, bisa jadi malah bersin-bersin di jalan dan jatuh dari motor alias kecelakaan.

9. Mulut Jadi Kering

Udara yang menimpa bibir ketika kendaraan melaju juga menyebabkan bibir kering. Kita memang butuh masker untuk antisipasi.

10. Gampang Lelah

Orang yang tidak memakai masker saat berkendara akan gampang lelah. Ini karena seringnya menghirup gas-gas beracun di jalanan.

Semoga informasi seputar bahaya yang bisa ditimbulkan ketika tidak menggunakan masker penutup hidung saat naik motor ini bisa membantu sobat bikers yang belum tahu dan semoga bermanfat, thanks you sudah membaca artikel ini. Mohon di share.

keyword: masker sekali pakai, masker penutup hidung, masker penutup mulut, bahaya masker penutup mulut, naik motor pakai masker, naik motor tidak pakai masker, bahaya tidak pakai masker

Related Posts :