Mau Hemat BBM Motor? Baca Tips Simpel Berikut Ini

Cara menghemat BBM motor - Kalau motor dianalogikan sebagai mahluk hidup maka BBM bisa dianalogikan sebagai makanannya agar bisa menghasilkan energi untuk melakukan aktivitas seperti jalan, lari, dan bekerja.

BBM juga lah yang menyumbang pengeluaran terbesar untuk kendaraan, yang jika di total uang yang digunakan untuk membeli BBM bisa mengalahkan harga motor tersebut :D.

Agak sedikit ngaco memang, namun itulah faktanya. Pernah gak sih sobat bikers merasa bahwa sepeda motor milik sobat terasa sangat boros?...Perasaan baru ngisi kok bensinya tinggal segini?

Nah, jika sobat mengalami hal tersebut. Mungkin cara simpel ini bisa membantu sobat menghemat BBM pada motor.

Mungkin sobat suke: alasan ban motor punya garis

Tips Menghemat BBM Motor

menghemat BBM
sumber gambar: economy.okezone.com

Ada cara paling ampuh 100% agar bahan bakar minyak motor sobat gak habis yaitu motornya gak usah di pakai....😁 Bercanda bro.

Sebetulnya motor yang boros disebabkan beberapa hal, maka untuk mengatasi masalah ini sobat harus tahu dulu penyebabnya baru bisa diselesaikan.

Umpamanya motor sobat tangkinya bocor ya harus di tambal lubang tersebut. Masa iya tangki bocor menyalahkan mesinnya kan gak lucu 😂.

Jangan marah!...Oke-oke cukup ya intermezo nya. Ini mulai serius loh....Untuk menghemat BBM motor sobat silahkan ikuti tips berikut;

Cara #1 Kurangi Waktu Pemanasan

Saya gak habis pikir ada orang yang memanaskan motornya sampai 30 menit 😕, mau manasin mesin apa goreng ikan asin pak 😁.

Motor zaman sekarang itugak perlu manasin mesin sampe lama-lama. Apalagi motor injeksi. Nah, jika BBM sobat mau awet persingkat waktu pemanasan motornya ya.

Artikel pilihan buat sobat bikers : foto modivikasi warna pada motor matic

Cara #2 Kurangi Muatan Over

Pernah sobat bikers lihat pengendara motor yang mengangkut barang sampe menutupi si pengendaranya...? Saya pernah loh liat orang kaya gini. Perbuatan ini bukan hanya bisa membuat BBM boros namun akan membahayakan si pengendara juga.

Gimana gak bahaya, spion aja ketutupan....belum lagi beban yang dibawa sangat berat maka jika ada angin kencang dikit aja motor bisa oleng. Sobat bikers jangan melakukan hal ini ya.

Cara #3 Atur Tekanan Angin Pada Ban

Percaya atau enggak, tekanan angin pada ban juga bisa mempengaruhi konsumsi BBM pada motor sobat. Ban yang kurang angin akan membuat laju motor gak maksimal, daya dorong ban juga rendah sehingga kinerja mesin berat.

Cara #4 Hindari Sifat Ini

Mondar-mandir gak jelas layaknya tukang ojek patut sobat hilangkan jika mau BBM gak boros. Selain membuat bensin sobat cepat habis, mondar-mandir juga bisa berdampak buruk untuk lingkungan. Secara gak langsung sobat menyumbang emisi karbon ke udara, yang pastinya gak baik untuk lingkungan.

Cara #5 Gigi dan Kecepatan

Sesuaikan gigi percepatan dengan kecepatan kendaraan, gunakan gigi rendah untuk menjalankan kendaraan pertama kali.
  • Contoh: Gigi 1 Kecepatan 0-20 km/jam
  • Gigi 2 Kecepatan 20-40 km/jam
  • Gigi 3 Kecepatan 40-60 km/jam
  • Gigi 4 Kecepatan 60-90 km/jam
  • Gigi 5 Kecepatan 90 ~ km/jam (via jon motor)

Nah sobat biker, itulah tips super duper simpel dari saya mengenai Cara Menghemat BBM Motor yang mungkin bisa sobat terapkan di kendaraan sobat. Thank berat lo sudah mampir dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat, jangan lupa di share ya. Salam

Related Posts :