Cara Membersihkan Body Mobil yang Mungkin Belum Sobat Tahu

Cara membersihkan mobil - Membuat kendaraan menjadi bersih dan terlihat seperti baru merupakan hal umum yang semua orang mengetahuinya.

Namun, mungkin masih ada orang diluaran sana yang sudah mengetahuinya tapi caranya masih salah sehingga body kendaraannya seiring berjalannya waktu menjadi kusam dan banyak goresan.

Sobat bikers yang punya kendaraan berupa mobil pribadi bisa cek apakah kendaraan sobat sudah banyak goresan.

Arahkan sebuah senter ke body mobil, jika ada goresan yang berbentuk lingkaran layaknya bintang yang membentuk galaksi maka body mobil sobat sudah punya banyak goresan halus.

Goresan halus tersebut terjadi karena kesalahan dalam membersihkan body mobil yang kurang tepat bahkan salah. Untuk membersihkan sebuah benda yang dilapisi sebuah cat seperti mobil, memerlukan penanganan yang tepat agar cat tidak cepat rusak.

Nah, jika kebetulan sobat bikers belum mengetahuinya, silahkan membaca artikel berikut ini yang mudah-mudahan bisa sobat terapkan dan bisa menjawab pertanyaan sobat seputar cara membersihkan body mobil yang benar.

Oke, tanpa berlama-lama berikut uraiannya;

Tips Membersihkan Body Mobil Secara Tepat

Sebelum kita meluncur ke topik utamanya, ada beberapa hal yang harus sobat persiapkan terlebih dahulu biar lebih abdol. Silahkan sobat bikers;

Siapkan mobil milik sobat yang akan dibersihkan, bukan mobil tetangga ya :D, Siapkan kain halus (kanebo), Sabun pembersih, Selang, dan air mengelir.

Jika semua bahan sudah ditangan langkah selanjutnya adalah mulai membersihkan kendaraan sobat. Dengan langkah tepat berikut ini;

Cara #1 membersihkan body mobil (Pra Pencucian) - Sobat bikers harus membasahi body mobil sobat dengan air mengalir. Bisa mennggunakan selang atau gayung. Jika semua body  sudah terkena air, diamkan selama satu menit. Tujuannya adalah untuk membuat daya lekat kotoran yang menempel dibody lebih lunak. Jika sudah 1 menit maka sobat bikers siram lagi dody motor dengan air.

Jika cara pertama sudah dilakukan maka sobat bikers lanjutkan ke cara selanjutnya yaitu;

Cara #2 membersihkan body mobil (Penggosokan) - Setelah semua kotoran yang melekat di body sudah tidak terlalu kuat daya lekatnya karena disiram air pada langkah pertama, pada tahap ini sobat langsung bisa menggosok body mobil sobat dengan mengunakan lap berbahan lembut (kain kanebo).

Gosoklah body dengan cara satu arah, ini bertujuan mengurangi goresan yang dapat ditimbulkan. Setelah itu sobat bisa menambahkan cairan / sabun pembersih yang telah dilarutkan dengan air terlebih dahulu agar tingkat kepekaannya berkurang. Jangan tuangkan pembersih langsung ke body karena bisa merusak cat.

Cara #3 membersihkan body mobil (Pembilasan) -Setelah semua body telah gosok dengan menggunakan pembersih maka segera bilas busa dengan menggunakan air. Jangan sampai busa mengering karena dapat menimbulkan bercak lingkaran pada body. Oleh sebab itu lebih bagus lagi jika pada tahap ini mobil berada di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung supaya busa sisa pembersihan tidak cepat mengering.

Cara #4 membersihkan body mobil (Pasca Pencucian) - Setelah semua busa yang menempel di body telah dibersihkan dengan menggunakan air mengalir maka tahap selanjutnya adalah mengeringkan dengan cara dilap menggunakan kain lembut yang kering. Lap secara satu arah juga jika masih ada pasir yang menempel jangan di hantam siran lagi menggunakan air supaya tidak lecet.

cara #5 Tambahan - Untuk memaksimalkan hasil pembersihan agar lebih terlihat mulus dan kinclong, sobat bikers bisa mengoleskan cairan pengkilap khusus yang bisa sobat tanya dan beli secara online maupun offline. Namun perlu diperhatikan. Sebelum menggunakan, sobat harus baca dulu mekanisme penggunaan agar tidak salah.

Itulah cara membersihkan body mobil yang benar yang bisa disampaikan, semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi kita semua ya, aamiin. Thank berat sobat bikers sudah membaca artikel ini. Jika bermanfaat silahkan share ke sosmed sobat.

Mungkin sobat suka: peluang menambah penghasilan dengan mendaftar menjadi driver GoCar (taksi online gojek). 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »