8 Tips Aman Memesan Ojek Online, Berikut Caranya

Tips aman memesan ojek online - Perkembangan dunia mobile saat ini memang sudah mengubah gaya hidup manusia terutama yang tinggal di kota besar. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan cara online yang salah satunya adalah memesan ojek menggunakan smartphone.

Tidak seperti dulu, saat ini hanya install aplkasi layanan ojek online sobat sudah bisa menikmati layanan ini ketika ingin pergi ke suatu daerah namun malas menggunakan angkutan umum konvesional.

Cara penggunaan dan sistem pembayaran yang sangat mudah dan aman membuat layanan ini menjamur di hampir semua kota besar di Indonesia. Sebut saja Gojek yang dengan mudah ditemui / dilihat di tempat sobat tinggal bukan?

Namun sayang, dibalik manfaat yang diberikan masih ada kejadian-kejadian yang kurang mengenakan yang mengiringi jasa yang satu ini. Mulai dari kisruh dengan angkutan konvesional, tarif batas bawah, hingga kriminalitas yang menimpah driver dan penumpang ojek online.

Artikel pilihan buat sobat : cara mendaftar gojek (cara, syarat) yang diperlukan

Nah bagi sobat bikers yang sering menggunakan jasa angkutan online seperti gojek, grabbike, bluejek, etc bisa menerapkan beberapa tips berikut ini supaya aman sampai tujuan dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Aman Memakai Jasa Ojek Online

tips memesan ojek online
sumber gambar: cnnindonesia.com

Ojek online memang bisa membuat perjalanan sobat bisa lebih mudah dan murah, namun sobat biker perlu melakukan beberapa hal agar aman dari kriminalitas yang kemungkinan bisa terjadi. Terutama jika rute perjalanan sobat melewati tempat sepi dan waktu malam hari.

Tips #1, Screen Shot

Perhatikan!...ketika sobat menggunakan layanan ojek online seperti gojek, bluejek, grab bike pastinya akan berbentuk data digital yang ada kemungkinan bisa mengalami kerusakan / penghapusan secara tanpa sengaja.

Ini akan merugikan si pengguna / penumpang jika suatu saat data tersebut diperlukan apbila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, maka sobat bikers tidak punya bukti kuat. Maka dari itu salah satu solusi yang bisa sobat lakukan adalah melakan screen shot pesanan baik nama driver, rute, hingga hal penting lainnya.

Jika ini sobat lakukan dan dikemudian hari ada hal yang tidak diinginkan, sobat bikers bisa komplain dan bila perlu melakukan pelaporan ke pihak berwenang.

Tips #2, Perhatikan Point Penting Ini

Pernah sobat bikers memesan sebuah jasa ojek online dimana driver yang bersangkutan terlihat mencurigakan?... Ini bahaya jika sobat tidak jeli, bisa jadi orang yang bersangkutan menimbulkan hal yang buruk untuk sobat.

Pastikan sobat bikers mencocokan antara id / foto drivers yang tertera di aplikasi dengan yang aslinya. Jika ada ketidak samaan antara keterangan di aplikasi dan orang aslinya maka sobat bikers perlu berpikir 100 kali untuk memakai driver yang bersangkutan.

Memang kemungkinannya kecil, namun ingat bahwa ini layanan online apapun bisa terjadi jika sobat bikers tidak jeli dalam memproteksi.

Tips #3, Nomor Plat Kendaraan

Setelah memastikan antara keterangan di aplikasi dan orang aslinya cocok, maka sobat lakukan langkah selanjutnya yaitu memperhatikan plat nomor kendaraan driver yang sobat pesan. Coba lihat apakah sesuai nomornya atau malah sebaliknya.

Tips #4, Ciri Fisik Drivers

Setelah memastikan nomor plat kendaraan driver sesuai, langkah selanjutnya yang bisa sobat bikers lakukan juga adalah mengenali ciri fisik driver, misalnya saja pada muka terdapat tahi lalat atau driver memiliki mata yang sipit dan sebagainya.

Tujuan dari hal ini adalah apabila terjadi hal yang tidak diinginkan sobat bisa memberikan keterangan ke operator jasa ojek online dan pihak berwenang terhadap ciri-ciri fisik pelaku.

Tips #5, Jangan Mau Jika

Ini penyakit masyarakat perkotaan yang bekerja hingga larut malam dan mau tidak mau akan pulang pada jam malam. Bagi sobat bikers yang pulang tengah malam dan memesan layanan ojek online perlu memperhatikan hal satu ini.

Sobat bikers jangan sekali-sekali mau jika driver yang sobat pesan mengantar melewati jalan yang terkenal sepi dan rawan perampokan, ini akan membahayakan keselamatan sobat. Tidak hanya itu mungkin saja rute yang bersangkutan sudah menunggu oknum kriminal yang siap menyerang sobat dan driver ojek tersebut.

Tips #6, Ini bukan MotoGP

Silahkan tegur atau marahi driver yang apabila membonjeng sobat dengan memacu kecepatan motornya sangat tinggi, ingat sobat ojek online itu bukan rider MotoGP seperti Valentino Rossi. Apa sobat mau jika terjadi kecelakaan karena driver ojek onlinenya ugal-ugalan?.

Tips #7, Harus Lengkap

Pastinya sobat bikers sudah tahu dan paham jika layanan ojek online seperti gojek menyediakan berbagai fasilitas untuk penumpangnya seperti helm, masker, bahkan obat-obatan. Jika sobat biker memesan ojek online tidak menyediakan helm maka tolak titik.

Enak aja gak pakai helm, jika terjadi kecelakaan maka resikonya amat besar...ingat kepala sobat lah yang dipertarukan jika tidak pakai helm saat naik motor, jadi usahakan pilihlah drivers yang menyediakan semua keperluan keselamatan yang full tanpa absen.

Tips #8, Membawa Peralatan Keamanan

Kita maunya sih tidak terjadi apa-apa ketika melakukan suatu kegiatan seperti dalam perjalanan, namun terkadang ada kejadian-kejadian yang tidak mengenakan diluar keinginan kita mulai dari ringan hingga berat seperti penganiyayaan / perampokan.

Untuk berjaga-jaga dari hal demikian, maka sobat bikers perlu membawa peralatan keamanan tambahan. Contohnya saja semprotan merica / cabai yang bisa digunakan oleh para wanita ketika mendapatkan perbuatan yang kurang mengenakan.

Cara ini juga bisa dilakukan ketika sobat bikers memesan sebuah layanan ojek online dan mendapati perlakuan yang kurang mengenakan, semoga jangan sampai ya amit-amit bro/sis.

Nah sobat bikers, itulah beberapa tips aman memesan layanan ojek online yang bisa disampaikan. Semoga bisa bermanfaat buat sobat bikers semua ya, aamiin. Monggo di share jangan malu-malu :D.

Related Posts :