Memanaskan Mesin Motor Pagi Hari Mitos atau Fakta?

Memanaskan mesin motor - Beberapa waktu saya kebetulan menonton sebuah acara di televisi yang membahas seputar mitos yang berkembang di kalangan masyarakat yang berhubungan dengan sepeda motor.

Info ini menurut saya cukup penting di ketahui oleh banyak orang karena bisa dibilang dampak yang bisa di timbulkannnya lumayan besar jika terus di lakukan.

Nah, jika kebetulan sobat tidak sempat melihat dan belum tahu bahwa ada beberapa mitos yang mungkin sampai saat ini sobat bikers masih melakukannya terhadap kendaraan roda dua sobat.

Memang bisanya perilaku mitos ini tidak akan langsung berdampak buruk pada kendaraan sobat, namun akan dirasakan setelah berjalanya waktu.

Oleh sebab itu dari pada sobat nantinya mengeluarkan banyaki uang untuk service kendaraan sobat karena kelalaian mending kita pahami dulu informasi ini sehingga tidak kejadian apa yang tidak kita inginkan.

Artikel pilihan buat sobat bikers: mesin motor cepat panas? lakukan 4 langkah praktis dan super simpel ini tanpa biaya.

Oke tampa lama-lama berikut informasinya;

Mitos dan Fakta Seputar Sepeda Motor

mitos memanaskan mesin motor
sumber gambar edit: designingdigitally.com

Mitos atau Fakta #1

Saya berani jamin jika ketika sobat mau berangkat kerja / sekolah / kuliapada pagi hari pastinya akan menghidupkan motornya dengan cara di engkol dan di panaskan beberapa menit.

Banyak orang yang melakukan hal ini tujuannya supaya mesin menjadi panas sehingga jika akan di kendarai dapat motor dapat lancar dan mesin sudah beradaptasi untuk menghadapi segala aktifitas saat dikendarai.

Kira-kira apakah perbuatan ini mitos atau fakta...?

Ternyata perbuatan atau kegiatan memanaskan mesin motor pada pagi hari adalah mitos. Terutama untuk motor-motor keluaran baru seperti motor injeksi.

Sepeda motor keluaran terbaru seperti motor matic injeksi memiliki mesin dengan teknologi terbaru dimana mesin langsung bisa beradaptasi walaupun motor baru saja di hidupkan.

Namun akan beda ceritanya untuk motor lama, seperti motor bebek dengan mesin 2 tak. Dimana memang harus di panaskan terlebih dahulu jika akan di gunakan.

Mitos atau Fakta #2

Jujur saya sangat tidak suka dengan perbuatan satu ini dimana menurut saya maaf...kampungan. Banyak orang yang melakukan hal satu ini di depan umum yang bisa menggangu ketertiban banyak orang.

Terutama pada motor-motor jenis lawas yang knalpotnya sudah di modifikasi tidak sesuai standar pabrik. Bukan hanya menggangu menurut banyak pakar mesin hal ini juga bisa berdampak buruk terhadap mesin motor.

Lalu apa kah perbuatan yang di maksud...? Apalagi coba kalo bukan menarik gas sangat kencang ketika ingin mematikan motor.

Lagi-lagi perbuatan ini merupakan mitos yang berkembang di masyarakat bahkan dunia. Memang untuk kendaraan roda dua zaman dulu ini cukup ampuh agar gas awet namun hal ini juga tidak berlaku lagi untuk zaman ini.

Bukankah teknologi sepeda motor sudah berkembang pesat jadi yah terserah Anda jika mau melakukan hal ini, namun ingat jangan menggangu orang lain karena bukan hanya kamu yang punya kuping.

Mitos atau Fakta #3

Mitos atau fakta selanjutnya adalah seputar masa inrijden. Apa sih masa Inreyen (Belanda: inrijden) atau Break-in atau Running-in itu...?

Masa Inreyen / inrijden adalah anjuran yang di berikan dan di anjurkan oleh pabrik terhadap penggunaan kendaraan baik roda dua atau empat bahwa untuk beberapa waktu dan jarak tempuh tidak di anjurkan menggunakan kendaraan secara over.

Jangan Over disini maksudnya adalah jangan menggunakan kecepatan tinggi untuk waktu dan jarak sebelum melewati masa yang sudah tertera di buku pedoman. Selain itu harus menggunakan segala fitur dan fasilitas yang terdapat pada motor secara wajar.

Kenapa...? ini dikarenakan motor baru keluar dari pabrik, maka perlu melakukan adaptasi pada semua komponen.

Lalu yang jadi masalahnya apakah hal ini mitos atau fakta?

Banyak informasi yang mengatakan Inreyen tidak perlu lagi, alasannya karena mesin sudah di test di pabrik dan antar komponen sudah dibuat sedemikian presisi. Bahkan informasi itu muncul dari kalangan ATPM (pemegang merek) dan pabrikan kendaraan itu sendiri (saft7.com).

Namun informasi tersebut bukan informasi tertulis dan dapat dipertanggung jawabkan, karena nyatanya seluruh pabrikan kendaraan tetap menganjurkan untuk mengikuti proses Masa Inreyen untuk kendaraan baru (mobil maupun motor) yang tertulis pada Buku Pedoman Pemakaian Kendaraan (User Manual / Owner Manual) (saft7.com)..

Nah karena ada dua pendapat maka jalan tengahnya adalah tetap melakukan inisesuai petunjuk pada buku panduan motor sobat

Nah sobat itulah sedikit informasi yang bisa So'Tips sampaikan seputar apakah memanaskan mesin di pagi hari mitos / fakta serta hal lainnya. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat ya, aamiin. Thanks berat loh sudah mampir di blog ini, jangan lupa di bagikan jika dirasa bermanfaat. Salam.

Related Posts :