4 Langkah Praktis Mengatasi Mesin Motor Panas

Cara mengatasi mesin motor cepat panas - Apakah ketika sobat menggunakan sepeda motor saat berpergian merasa mesinnya cepat panas.

Padahal jarak yang di tempuh belum jauh dan penggunaanya belum lama...?

Mesin yang cepat panas memang bisa berdampak buruk untuk performa motor dalam jangka panjang dimana konsumsi BBM, pelumas akan tinggi, dan bahkan bisa berdampak pada kesehatan mesin itu sendiri.

Penyebab mesin motor cepat panas salah satunya adalah jarang mengganti pelumas dalam jangka waktu yang lama.

Ingat...! Pelumas mesin sangat berguna untuk mengurangi gesekan antar komponen di dalam mesin, jika pelumas yang ada sudah lama maka daya lumasnya akan berkurang bahkan hilang.

Karena berkurangnya daya lumas untuk gesekan antar komponen mesin yang bekerja, maka mesin cepat panas walaupun kendaraan baru saja di gunakan.

Oleh sebab itu sobat harus rajin mengganti pelumas jika sudah masuk waktu penggantian, jangan di tunda.

Nah setelah kita bahas sedikit penyebab motor cepat mengalami panas, lalau bagaimana cara agar bisa mengurangi atau mengatasi mesin motor yang cepat panas ini...?

Silahkan sobat baca artikel ini sampai habis karena kita akan membahasnya disini, yang mudah-mudahan jika diterapkan bisa bermanfaat, aamiin.

Okelah tanpa lama-lama berikut langkahnya;

Bagaimana Mengatasi Mesin Motor yang Cepat Panas?

mesin motor panas
sumber: google image

Untuk mengatasi mesin sepeda motor baik matic, kopling, bebek, sport yang terlalu panas ada banyak sekali cara yang bisa di lakukan.

Namun pada artikel ini saya akan memberi cara yang sudah saya coba dan rasakan manfaatnya, jadi bukan hanya kata orang.

Jadi silahkan sobat bikers mau menggunakan semua cara atau beberapa saja di bawah ini, oke...berikut beberapa caranya;

1. Buka Jok Ketika Selesai Menggunakan Motor

Saya yakin banyak orang yang belum tahu cara yang satu ini. Atau ada yang mengerutkan dahi karena merasa apa hubungannya mesin dengan jok motor...?

Memang jika di baca atau dilihat sekilas antara jok motor dan mesin gak ada hubunganya, namun jika kita sedikit jeli ternyata du hal ini bisa saling mempengaruhi.

Begini, ketika kita menggunakan speda motor apalagi jika keadaan panas. Saat seperti ini bukan hanya mesin saja yang mengalami panas namun semua bagian motor.

Terutama bagian dalam motor yang mempunyai bagasi. Jika kita ingat pelajaran fisika saat masih sekolah bahwa benda yang panas jika di diamkan akan melepaskan kalor (calor).

Jika sobat membiarkan motor bagasinya dalam keadaan tertutup setelah menggunakan motor maka proses pelepasan kalor tersebut akan memakan waktu lama dan daya penyebarannya akan di seputaran motor saja salah satunya ke arah mesin.

Namun akan berbeda jika setelah menggunakan motor, sobat membuka jok. Jok yang terbuka akan melepaskan kalor ke arah atas sehingga kalor tidak terperangkap di dalam body motor dan pada akhirnya semua komponen motor cepat dingin.

Jadi saran saya, sobat bisa membuka jok motor ketika selesai menggunakan tunggangannya. Toh gak ada ruginya juga.

2. Parkir Motor di Tempat Dingin

Saya sedikit heran dengan kebanyakan orang dimana sudah mahal-mahal kredit motor namun kurang merawatnya.

Ini terlihat ketika memarkirkan motor milinya di sembarang tempat salah satunya di tempat yang panas. Memarkirkan motor di daerah yang terkena sengatan sinar matahari langsung menurut saya sangat beresiko besar.

Banyak hal buruk yang bisa membuat motor kita rusak. Seperti cat body cepat pudar, jok cepat rusak, mesin cepat panas, dan sebagainya.

Kalo sobat gak percaya soba aja parkirkan motor sobat selama satu jam aja ditempat panas pastinya motor akan terasa sangat panas ketika kita pegang.

Solusinya adalah sobat harus parkirkan motor di tempat yang tidak terkena sengatan sinar matahari secara langsung. Lebih bagus lagi jika di parkirkan di bawah pohon.

Mengapa...? Pohon akan menyerap sinar matahari sehingga walaupun seterik apa pun cuaca saat itu, di bawah pohon akan tetap sejuk. Jadi lakukan trik ini jika motor sobat tidak mau cepat panas.

3. Gunakan Pelumas Khusus

Cara dan langkah ketiga ini sebetulnya sudah saya jelaskan sedikit pada bagian pembuka di atas namun hanya sekedar penyebabnya.

Kita sudah tahu bahwa pelumas berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen yang menyusun mesin motor, ketika motor berjalan. Komponen ini akan berkerja sehingga riskan terjadi gesekan.

Untuk mengurangi gesekan tersebut maka di perlukan pelumas. Kalau pelumas motor sobat jarang di ganti maka ya pikir aja sendiri dampaknya.

Tidak hanya harus sering di ganti, usahakan juga sobat harus menggunakan pelumas (oli motor) yang sesuai dengan type motor sobat, jangan ngasal.

4. Tambahan
  • Check distribusi oli
  • Pastikan posisi piston tidak terlalu rapat karena akan mengakibatkan seher dan piston tidak bisa bergerak leluasa atau macet.
  • Ganti cairan coolant secara teratur
  • Bersihkan radiator secara turin
  • Pastikan sirip dan juga kepala silinder dalam keadaan bersih
  • Tambah radiator dengan kipas
  • Gunakan busi yang bertipe dingin atau bertipe racing
  • Buka leg – shield jika motor anda memilikinya, karena tidak semua jenis motor memiliki leg – sheild. (sourch: motindo).


Nah sobat, itulah 4 langkah sederhana yang bisa mengurangi mesin yang panas. Atau sobat punya cara lain...? silahkan bagikan lewat komentar boleh.

Semoga tips maupun cara yang sudah dituliskan di atas bisa membantu sobat bikers semua apabila mesin sepeda motor terlalu panas. Semoga artikel yang super simpel ini bisa bermanfaat bagi semua, aamiin. Monggo di share ke orang lain ya. Thanks...

Related Posts :