6 Kebiasaan Buruk dalam Berkendara, Nomor 5 Sering Dilakukan Ibu-ibu

Kebiasaan buruk saat mengemudi - Apa sobat bikers sering merasakan kesal sendiri saat berada di jalan raya yang disebabkan oleh perilaku berkendara orang lain yang gak punya aturan.

Seperti melawan arus, padahal saat itu situasi lagi macet-macetnya. Dengan kelakuan tersebut bikin suasana nambah panas dan gerah.

Saya terkadang gak habis pikir, apa tuh orang gak mikir kalau perbuatan yang bersangkutan sangat bahaya bagi dirinya. Yah semoga cepat sadar aja biar gak ngulangin lagi.

Nah, apakah sobat bikers pernah ngerasaai hal seperti itu...? Kalau iya, doakan saja sob supaya yang bersangkutan cepat insaf, hehe...

Berikut ini ada beberapa kebiasaan para pengemudi yang mungkin bikin kesel sobat, atau sobat yang melakukannya...?  hehe silahkan dibaca ya.

Baca juga sob: tips meletakan helm yang benar

Kebiasaan Buruk Dalam Berkendara

tulisan truk unik

Selain kebiasaan buruk yang sudah disebutkan diatas yaitu melawan arus, ternyata ada beberapa pelanggaran yang sering dilakukan oleh pengemudi baik roda empat maupun roda dua ketika berkendara dijalanraya.

Berikut daftarnya;

#1 Kurang memperhatikan keadaan sekitar

Sebelum belok ke kanan maupun ke kiri lebih baik sobat bikers harus memastikan dulu keadaan disekitar apakah ada kendaraan lain yang jaraknya dekat atau kendaraan lain yang melaju dengan kecepatan tinggi.

Saya heran dan sering berjumpa dengan orang yang belok semau udelnya, tanpa memperhatikan lingkungan sekitar. Seolah ia berada disirkuit balap, jujur saya paling gak suka dengan orang model gini.

Bukan apa-apa kalo terjadi kecelakaan orang yang nabraklah yang disalahkan, padahal kesalahan sepenuhnya dari orangtersebut. Oleh sebab itu, sobat bikers harus perhatikan lingkungan sekitar sebelum belok ya agar tidak merugikan orang lain.

#2 Jarak Antar Kendaraan

Memang bagus ada kendaraan yang membuat sebuah warning di belakang kendaraannya yang bertuliskan "jaga jarak". Biasanya tulisan ini ada pada kendaraan berat seperti bus/ truk / tangki.

Menjaga jarak bagi kita yang berada di belakang kendaraan lain harus dilakukan, ini tujuannya agar ketika terjadi berhenti mendadak maka masih ada ruang bagi kita untuk menghindari tabrakan / menabrak.

Aturan yang mengharuskan antar pengendara adalah berjarak minimal 3 detik, lebih lebar jarak yang ada maka lebih baik lagi.

Baca juga sob: tips merawat motor matic

#3 Nengok Gak Pakai Spion

Sobat pernah noleh ke arah samping ketika ada cewek bening lewat naik motor...? Atau menoleh kebelakang ketika ada orang yang meneriaki sobat...?

Jangan lakukan ini lagi sob, bahaya. Lebih baik sobat menggunakan spion jika akan melihat arah belakang ketika hendak memutar kearah kiri atau kanan.

Dengan menggunakan spion ketika akan membelok akan lebih siap bagi kita untuk beralih pandangan dari belakang ke depan dibandingkan jika jika tidak pakai spion.

#4 Baper, Emosian

Apa sobat pernah marah-marah dijalan dengan pengendara lain...?

Kalau saya mah ogah bro, malu...toh jalan itu dibuat bukan untuk kita saja, namun ada hak orang lain. Jadi buat apa marah-marah. Oke....mungkin sobat kesal karena pengendara tersebut melakukan hal yang menurut sobat bikers kebangetan.

Namun alangkah bijaknya jika sobat biker berfikir dari sisi lainnya, mungkin saja orang tersebut sedang buru-buru karena anaknya kecelakaan (amit-amit ya), atau hal mendesak lainyya.

Emosi boleh namun jangan lebay ya sobat, terus jangan dibawa ke hati alisan baper :).

#5 Salah Menyalakan Lampu Sen

Pastinya sobat bikers pernah menjumpai pengendara yang salah dalam menyalakan lampu sen kendaraannya bukan. Kesalahan ini biasanya terjadi ketika si pengendara ingin belok ke kiri namun menyalakan lampu sen kanan.

Sebetulnya Kita tidak bisa menilai yang bersangkutan secara membabi buta, mungkin saja yang bersangkutan lupa atau terjadi kerusakan pada tombol lampu sennya hehe.

Biasanya kelakuan ini banyak dilakukan oleh Ibu-ibu yang naik sepeda motor, kalau menemukan harap maklum aja ya sobat...Uda tua mungkin haha. Tapi kalau bisa tegur juga boleh, tujuannya agar yang bersangkutan sadar kalau hal tersebut sangat berbahaya.

Baca juga sob: trik simpel mengusir bau pada helm

#6. Kecepatan Lambat Dijalur Kanan

Pernah gak sobat bertanya mengapa sebuah jalan memiliki dua jalur yang dibatasi oleh garis untuk memisahkan bagian kanan dan kiri pada satu arah.

Dua jalur dalam satu arah tersebut masing-masing punya fungsi yang berbeda. Dimana jalur kiri diperuntukan bagi kendaraan yang ingin menurunkan penumpang sehingga kecepatan pada jalur ini harus medium sampai pelan, gak boleh ngebut.

Sedangkan jalur kanan merupakan jalur yang diperuntukan bagi kendaraan yang ingin melaju terlebih dahulu jadi diwajibkan dengan kecepatan tinggi.

Namun terkadang kita melihat terjadi pertukaran antara kedua jalur tersebut dimana ada pengendara yang mengambil jalur kanan namun kecepatannya lambat banget sehingga menghambat kendaraan lain. Oleh sebab itu sobat jangan melakukan hal yang demikian ya.

Oke sobat bikers itulah postingan So'Tips kali ini seputar 6 Kebiasaan Buruk dalam Berkendara yang sering dilakukan, semoga dengan tulisan ini bisa mengingatkan kita bahwa berkendara pun harus ada aturannya tidak boleh seenaknya.

Jika sobat suka tulisan ini silahkan di bagikan ke teman sobat yang memiliki sifat dan sering melakukan kesalahan diatas, mungkin dia bisa sadar :D. Thank sudah membaca.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »