Memanaskan Motor Matic Ini Banyak Direkomendasikan

Tips Memanaskan Motor Matic - Tempo hari saya sudah pernah memposting jika mayoritas sepeda motor type matic memiliki standard merangkap fitur on off yang bisa digunakan untuk mematikan mesin motor ketika standard diturunkan.

Hal tersebut juga mesti diperhatikan sebagai langkah awal mengendarai motor matic yang benar agar mesin kendaraan sobat bikers selalu prima. Mengapa...?

Sebetulnya standard itu pabrik ciptakan bukan bertujuan untuk mematikan mesin motor namun sebagai sandaran ketika memarkirkan kendaraan sobat, jadi dirasa kurang pas jika setiap kali berhenti menggunakan hal ini untuk mematikan mesin.

Coba deh sobat bikers baca buku panduannya, sepertinya tidak ada rekomendasi yang mendukung hal tersebut sebagai langkah tepat untuk mematikan mesin motor.

Jika opening diatas seputar mematikan mesin lalu bagaimana kira-kira menyalakan mesin untuk tujuan pemanasan. Mungkin sebagian kita akan melakukan hal ini;
  • Memasukan kunci 
  • Menyalakan mesin
  • dan Membiarkan beberapa menit hingga mesin panas

Nyatanya tidak semua mesin sepeda motor harus diperlakukan seperti hal demikian, terutama motor dengan type mesin keluaran terbaru layaknya motor matic. Nah, agar  kita tidak salah mungkin tips ini bisa membantu.

Cara Memanaskan Motor Matic

memanaskan motor matic

Jika sobat bikers melakukan cara yang benar ketika menyalakan dan mematikan mesin motor berarti sobat sudah melakukan langkah merawat motor matic sobat. Kan sayang ya jika sobat sudah mahal-mahal kredit, jadi mesti diperlakukan dengan baik lah motornya.

Berikut ini cara yang benar dan banyak direkomendasikan;

Persiapan Memanaskan Mesin Motor Matic

Tidak hanya olahraga saja yang butuh pemanasan, mesin kendaraan bermotor sobat juga memerlukan hal ini sebelum digunakan. Sebelum memanaskan sobat harus mengkondisikan sepeda motor sobat pada posisi yang PW.

  • Silahkan keluarkan motor kelokasi yang terbuka (jangan memanaskan motor didalam rumah, bahaya asapnya sob)
  • Hadapkan lubang knalpot ke area terbuka 
  • Gunakan standard ganda agar lebih stabil posisi motor sobat
  • Gulung standard (samping) / tunggal

Cara 1. Pasca On

Bagi sobat bikers yang punya motor jenis matic pasti ketika menyalakan kontak (On) sudah tidak asing lagi dengan lampu indikator yang menyala pada spidometer.

indikator mio j teen
sumber: doc pribadi

Lampu indikator ini akan mati secara otomatis jika mesin telah siap untuk di nyalakan. Nah, bagi sobat yang akan menyalakan mesin matic-nya, jangan menyalakan mesin sebelum lampu indikator ini mati. Oleh sebab itu usahakan tunggulah beberapa detik sampai mesin benar-benar siap.

Cara 2. Penyalaan

Setelah lampu indikator pada spidometer mati, silahkan sobat bikers nyalakan mesin dengan cara engkol ada juga yang menyarankan langsung saja starter.

cara engkol motor
sumber gambar: triomotor.co.id

Cara 3. Waktu Pemanasan

Untuk waktu pemanasan motor matic sobat harus tahu bahwa type setiap motor akan membutuhkan waktu yang relatif beda juga, namun rata-rata 1 - 2 menit saja sudah cukup.

Oke sobat, itulah tips dan cara memanaskan sepeda motor matic dari Saya. Silahkan terapkan tips ini agar mesin motor sobat tetap joss dan prima. Share...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »