Alasan Ban Motor / Mobil Memiliki Banyak Garis Cekungan

Ban motor dan mobil - Untuk saat ini pasti sobat bikers akan setuju jika kita akan kesulitan ketika ingin berpergian tanpa menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor.

Dengan kendaraan bermotor kita bisa dengan mudah mengunjungi tempat-tempat yang jaraknya jauh hanya dalam waktu singkat dibandingkan dengan berjalan kaki atau menaiki sepeda.

Salah satu komponen terpenting dari sebuah kendaraan bermotor adalah roda / ban. Tanpa memiliki roda, secangggih apa pun mesin mobil / motor gaka akan berguna.

Namun pernah gak sih sobat bertanya kenapa ban pada motor dan mobil memiliki garis cekungan...? kenapa tidak dibuat halus saja atau kenapa mesti dirancang sedemikian rupa...?

Jujur saat saya SD dulu pernah bertanya hal demikian. Nah jika sobat kebetulan belum tahu hal tersebut mungkin penjelasan ini bisa sedikit membantu :).


Alasan Terdapatnya Garis Cekungan Pada Ban 

sumber gambar: motorcycle-karttires.com

Begini sob, kalau kita analogikan secara sederhana maka garis alur pada ban dibuat bukan untuk variasi atau iseng semata namun berhubungan dengan keselamatan si pengemudi.

Kalau kita menggunakan sandal dengan permukaan yang halus maka jika kita berjalan pada daerah yang halus juga akan menyebabkan tergelincir bahasa tenarnya sih kepeleset.

Apalagi jika ditambah jalanan tersebut basah karena habis hujan atau berlumut maka bisa dipastikan orangtersebut akan tergelincir walaupun berjalan dengan hati-hati.

Artikel pilihan buat sobat bikers : 5 fungsi penutup pentil ban motor / mobil

Sandal dengan permukaan yang halus tidak memiliki daya cengkram yang kuat pada permukaan tanah / jalanan.

Jika terjadi perbedaan tekanan pada salah satu sisi sandal misalnya: tekanan pada sandal samping kiri lebih besar dari yang kanan dan ketika melangkah maka akan menyebabkan kehilangan keseimbangan.

Beda halnya jika permukaan sandal yang sobat gunakan memiliki permukaan kasar / bergelombang misalnya maka walau berjalan di tempat basah atau berlumut sekalipun tidak akan mengakibatkan tergelincir.

Karena alasan tersebutlah mengapa ban mobil atau sepeda motor juga perlu memiliki permukaan yang tidak halus namun diberi banyak garis cekung yang masuk ke bagian dalam agar motor atau mobil sobat tidak gampang tergelincir.

Coba saja bayangkan kita yang jalan dengan pelan saja bisa tergelincir apalagi dengan kendaraan yang melaju kencang.

Tidak hanya itu, terdapatnya alur atau garis pada ban juga akan menambah daya cengkram ban ketika terjadi pengereman.

Nah, sobat itulah sedikit info dari So'Tips mengenai alasan ban motor / mobil memiliki garis cekungan. Semoga bisa memberi manfaat bagi sobat sekalian ya, aamiin. Thanks sudah membaca. Silahkan share...

more keyword: kegunaan alur alur pada permukaan ban, alur ban motor yang bagus, fungsi alur ban, ban depan motor terbaik, ban motor yang bagus buat harian, fungsi alur pada benda kerja, jenis kembang ban motor

Artikel Terkait

Previous
Next Post »