5 Fungsi Penutup Pentil Pada Ban Motor dan Mobil

Apa Sebenarnya Manfaat Tutup Pentil Ban?

Fungsi tutup pentil ban - Ban itu ibarat nyawa bagi sebuah kendaraan bermotor. Tanpa ban, motor / mobil tidak bisa dijalankan.

Performa sebuah ban yang baik juga sangat dibutuhkan oleh pengguna kendaraan beroda untuk melakukan perjalanan diberbagai trek baik ofroad maupun jalan aspal.

Semua bikers pastinya menginginkan hal itu, setuju kan? 👍

Sobat biker yang sedang membaca artikel saya ini pastinya menginginkan hal yang sama juga kan.

Sayangnya, bagi kita yang tinggal di Indonesia menjaga performa ban agar tetap joss itu agak sedikit sulit.

Mengapa?

Sobat bikers sekalian pastinya faham kan, jika jalan raya beraspal yang ada di Indonesia masih banyak yang belum mulus.

Jalan yang banyak bergelombang / bolong / berbatu akan membuat performa ban mengalami penurunan seiring berjalannya waktu.

Jangan salah, sobat biker!, Kondisi ban yang kurang baik akan menyebabkan masalah pada beberapa komponen sepeda motor / mobil yang sobat punya.

Jadi bisa dikatankan jika kesehatan ban merupakan komponen paling awal yang harus diperhatikan agar kendaraan bermotor tetap prima.

Salah satu cara agar kondisi ban tetap prima adalah menjaga tekanan udara yang ada didalam ban, dengan menjaga hal tersebut kecepatan kendaraan pun akan konstant.

Untuk menjaga tekanan udara pada ban tetap, maka sobat biker harus menggunakan penutup pentil.

sumber gambar: expeditionnexchange.com 

Ban yang ditutup dengan pentil akan menahan udara tidak keluar saat terjadi tekanan ketika melewati jalan yang kurang mulus.

Inilah yang kurang diperhatikan oleh kebanyakan pengguna motor maupun mobil. Mereka menganggap remeh benda kecil ini.

Padahal tanpa penutup pentil pada ban, bisa membahayakan pengendara dan merusak motor itu sendiri.

Dulu motor matic saya juga tidak saya pasang penutup pentil, karena saya belum tahu akan dampak yang bisa ditimbulkan.

Tanpa sadar saya ketahui ketika kondisi ban motor matic saya cepat kempis. Padahal saya jarang melewati jalan yang bergelombang.

Setelah saya menanyakan kepada teman saya yang berprofesi sebagai mekanik, "lebih baik menggunakan penutup pentil untuk motor saya" ujarnya.

Tanpa berfikir panjang langsung saya praktekan. Coba tebak apa yang terjadi?....ban motor matic saya lebih jarang mengalami kempis.

Dari kejadian itu hingga saat ini ban motor saya selalu saya pasang penutup pentil.

Nah, bagi sobat biker yang tidak memasang tutup pentil pada ban motor / mobilnya, saya sarankan segera gunakan. Rugi pokoknya....

Gak mau kan gara-gara hal sepele motor atau mobil kesayangan sobat bikers rusak. Untuk mempertegas alasan saya, berikut beberapa fungsi penutup pentil pada ban motor dan mobil.

Dengan membaca manfaat berikut ini semoga sobat biker lebih yakin. 👌

Fungsi Tutup Pentil Ban

1. Sebagai Pelindung Sekunder

Tutup pentil mempunyai klep karet. Klep karet ini berguna agar tidak terjadi kebocoran pada saluran pentil ketika sobat melaju kecepatan dijalan yang bergelombang.

Jalan yang bergelombang akan membuat tekanan pada ban lebih tinggi yang salah satunya mengara pada saluran pentil. Dengan tutup pentil, udara akan di minimalisir agar tidak keluar.

2. Menjaga Ban Tetap Awet

Ketika sobat mengendarai motor atau mobil dijalan, pastinya akan melewati berbagai macam trek / kondisi jalan yang beragam bukan?.

Mulai dari jalan berair, berbatu, debu, berpasir. Kotoran yang berasal dari berbagai kondisijalan tersebut bisa masuk kedalam lubang pentil.

Kotoran tersebut bisa menyebabkan karat / kerak pada lubang pentil. Apabila sobat mengisi angin makakotoran tersebut bisa masuk kedalam ban dan pada akhirnya akan merusak ban.

3. Menjaga Suhu Ban

Tutup pentil juga bisa menjaga suhu optimal pada ban motor dan mobil sobat bikers. Hal ini karena penutup pentil dapat mencegah udara lembab masuk.

Selain itu penutup pentil juga berguna sebagai penutup katup yang mengatur keluar masuknya tekanan angin dari dan ke dalam ban saat diisi.

Ok sobat biker semua, demikianlah artikel So'Tips kali ini seputar "Fungsi Penutup Pentil Pada Ban"  yang bisa disampaikan. Saya sarankan gunakanlah penutup pentil ban pada kendaraan sobat biker semua. Toh harga sebuah penutup pentil gak sampai menguras tabungan sobat kan 😁

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan sobat semua, aamiin. Jika dirasa bermanfaat sobat bikers bisa share ke sosial media atau komunitas agar lebih banyak yang sadar akan pentingnya benda kecil yang bernama tutup pentil ini.

Salam...

Kata kunci  : fungsi tutup pentil, manfaat penutup pentil, kegunaan tutup pentil, alasan penilangan tutup pentil, fungsi tutup pentil bagi keselamatan berkendara, manfaat tutup pentil motor dan mobil, fungsi tutup pentil ban.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »