Dampak Buruk Mencuci Motor Saat Mesin Masih Panas

Dampak menyiram mesin motor yang masih panas - Pada postingan terdahulu So'Tips sudah membuat artikel cara mudah mengatasi mesin motor yang cepat panas yang bisa sobat bikers baca juga.

Belakangan ini memang cuaca kurang menentu dimana tiba-tiba hujan turun dengan derasnya tanpa pemberitahuan hahaha :D.

Seperti yang ada pada pikiran sobat, jika hujan turun ketika kita masih dalam perjalanan baik berangkat atau pulang kerja / sekolah / kulia maka motor bisa jadi kotor.

Motor yang kotor pastinya gak akan enak dilihat kan bro, ya satu-satunya jalan untuk menghilangkan kotoran yang menempel di motor dengan cara mencucinya.

Sayangnya banyak yang salah ketika proses mencuci motor salah satunya adalah mencuci motor saat mesin masih panas.

Artikel lainnya: mitos / fakta memanaskan motor dipagi hari?

Hal ini ternyata bisa berdampak buruk bagi mesin jika dilakukan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

Padahal jika kita tahu bagaimana cara mencuci motor secara benar maka bukan hanya body motor yang bisa awet seperti baru namun akan memperpanjang umur motor.

Nah, jika kebetulan sobat bikers belum tahu apa sih bahaya jika membersihkan sepeda motor dalam keadaan mesin masih panas? tenang kita akan membahasnya disini :).

Okelah tanpa berlama-lama berikut jabarannya.

Atau sobat tertarik : 4 Langkah Praktis Mengatasi Mesin yang Cepat Panas

Bolehkah Mencuci Motor Saat Mesinnya Masih Panas...?

cuci mesin motor
cuci motor saat mesin panas, 
sumber: shineguide.co.uk

Seperti yang dikutip dari viva.co.id bahwa ada beberapa poin berbagaya yang akan menimpah kendaraan roda dua milik sobat jika dicuci dalam keadaan mesin masih panas. Yaitu;
  • Meregangnya komponen mesin
  • Distorsi blok mesin
  • Pipah panas akan rusak seperti knalpot, etc
  • Merusak krom motor dan dapat merubah warna
  • Memudarkan warna cat body
  • etc yang belum diketahui :D

Nah sobat bikers itulah bahaya jika sobat mencuci motor saat mesin masih panas. Semoga dengan membaca artikel ini sobat insaf dan gak ngelakuin lagi ya :D.

Sayang kan jika udah mahal-mahal kredit motor namun sobat sendirilah yang merusak. Nah, jika artikel super singkat ini dirasa bermanfaat monggo di share supaya banyak yang tahu, mengapa? karena berbagi itu indah :).

Thank berat sobat sudah berkunjung kesini, salam....

Keyword : efek motor sering dicuci, mencuci motor injeksi, menyiram mesin motor panas, mencuci motor saat mesin masih panas, cuci mobil saat mesin panas, mencuci motor dengan sunlight, mencuci motor saat mesin panas, bagian motor yang tidak boleh terkena air

Artikel Terkait

Previous
Next Post »