Tips Simpel Mengusir Bau Tak Sedap Pada Helm Sobat

Helm sobat bikers baunya tidak sedap?...Wah bisa berabe dong, gimana coba jika helm tersebut dipinjem orang apalagi gebetan. Bisa-bisa orang tersebut mengecap sobat sebagai individu yang kurang memperhatikan kebersihan.

Biasanya helm jadi bau ketika musim hujan. Sobat bikers pastinya sering parkir motor ditempat terbuka bukan, nah jika hujan turun helm bisa basah.

Benda yang lembab terutama busa merupakan media perkembangan yang baik bagi jamur maupun bakteri. Jadi jangan heran helm sobat akan memiliki bau yang kurang sedap setelah basah.

Nah, agar helm sobat bikers tidak bau, Saya punya beberapa tips nih yang bisa sobat terapkan;


Tips Menghilangkan Bau Helm

helm bau
sumber gambar: prevention.com

Jemur saja sobat helmnya jika basah, helm yang basah akan membuat bakteri berkembang dengan cepat. Bakteri inilah yang menimbulkan bau pada helm.

Bisa kita analogikan seperti ini: kue basah akan cepat basi dibandingkan biskuit kering jika diletakan ditempat terbuka. Mengapa...? ya itu tadi ini semua karena ulah bakteri dan jamur pembusuk.

Jamur dan bakteri pembusuk akan mengurai sisa-sisa pengeluaran tubuh sobat termasuk kepala. Kepala juga mengeluarkan zat buangan loh, seperti keringat (mengandung minyak, urin, protein), kulit mati yang terkelupas, dan karbon. Jadi jika helm sobat basah atau lembab segera jemur.

Jaga kebersihan helm sobat apapun kondisinya, mau sobat lagi galau kek, lagi happy kek, atau lagi patah hati kek...pokoknya selalu jaga kebersihan aksesoris motor yang satu ini.

Alasannya sederhana sobat...Seperti yang saya jabarkan diatas, helm yang kotor karena benda-benda asing dan sisa-sisa pembuangan dari tubuh sangat disukai mikroorganisme (bakteri, jamur tadi).


Cuci helm jika sudah berumur lebih dari 6 bulan, helm yang lama dipakai membuat helm penuh dengan kotoran yang menempel.

Letakan helm ditempat yang benar perlu sobat perhatikan juga. Jangan sekali-kali meletakan helm ditempat yang memiliki bau menyengat seperti dekat buah duren, dekat kotak sampah, atau benda-berbau lainnya.Yah silahkan aja sobat lakukan, namun tanggung risikonya sendiri.

Oke itulah tips simpel untuk mengusir bau pada helm yang bisa sobat bikers praktekan, semoga bermanfaat ya, aamiin.

Sobat suka dengan tulisan ini? silahkan bagikan ke sosial media biar kerabat sobat juga membaca. Thank berat loh sudah mampir, salam.

Keyword : Cara membuat helm tetap wangi, cara merawat helm, menghilangkan bau pada helm, penyebab helm bau,

Artikel Terkait

Previous
Next Post »