Tips Memilih Helm yang Tepat dan Aman Agar Tidak Salah Beli

Bagaimana Cara Memilih Helm yang Tepat? Sehingga Tidak Salah Beli...!

Tips Memilih Helm - Jumlah kecelakaan lalu lintas setiap tahun sering meningkat jumlahnya baik dengan akhir luka ringan, luka parah, sampai meninggal dunia.

Seperti yang dikutip dari otomotif.kompas.com, Sepanjang 2014 tercatat 95.906 kasus, tahun selanjutnya 98.970 kasus, dan terakhir 2016 meningkat menjadi 105.374 kasus.

Wow...ngeri kan sobat bro.

Berdasarkan yang saya baca, kebanyakan peyebab kecelakaan dijalan raya karena human error dan tidak mematuhi rambu lalu lintas yang ada, ditambah dengan kurang perhatian terhadap safe protection.

Sobat bro jangan seperti itu ya.....✋

Nih, terutama para pengendara motor yang dari tahun-ketahun jumlah kecelakaannya sangat besar, kamu jangan bandel sobat bro...kan gak lucu jika nyawa melayang gara-gara hal sepele.

Untuk menghindari dan meminimalisir dampak buruk yang bisa ditimbulkan dari kecelakaan lebih baik sobat sekalian memakai perlengkapan keselamatan yang memadai.

Jika sobat pengguna sepeda motor, ya salah satunya adalah menggunakan helm.

Helm memiliki banyak manfaat untuk kita ketika mengendarai sepeda motor. Dengan menggunakan helm sobat bro akan lebih aman dan sehat pastinya.

Kok bisa?

Helm akan menjaga kepala sobat dari benturan apabila terjadi kecelakaan, selain itu helm juga bisa meminimalisir udara kotor / polusi / debu / asap nempel ke muka dan masuk ke tubuh sobat.

Namun sobat bro juga jangan asal memilih helm untuk di beli.

Untuk membeli helm itu ada standar-standar yang harus dilihat, karena helm yang sesuai dengan standar lebih terjamin kualitasnya.

Jika kualitasnya bagus, pastinya rasa aman untuk menggunakanya juga gak akan dipertanyakan.

Nah jika sobat bikers sekalian kebetulan belum tahu seperti apa helm yang aman itu seperti apa, berikut tips memilih helm yang tepat.

Tips Memilih Helm

sumber gambar: businesstoday.in
1. Ukuran Helm / Helem

Pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepala sobat bikers. Jangan membeli helm yang terlalu kecil atau terlalu besar.

Helm dengan ukuran kecil akan menimbulkan penyakit, kepala sobat akan terasa sakit terutama di daerah-daerah samping dan kepala atas.

Ini disebabkan karena adanya tekanan berlebihan antara helm dan kepala sobat. Ukuran helm yang kecil akan menekan aliran darah sehingga terhambat.

Jika aliran darah terhambat maka jumlah oksigen yang diperlukan otak juga kurang, dan akhirnya kepala menjadi sakit.

Sedangkan ukuran helm yangterlalu besar akan membuat sobat tidak nyaman, helm akan bergoyang bahkan bisa tertiup angin ketika digunakan. Yang lebih parahnya, bisa terlepas apabila sobat bikers mengalami kecelakaan....pikir sendiri dah akibatnya 😖

Jadi sebelum membeli helm, usahakan sobat pilih yang sesuai dengan ukuran kepala. Tidak kecil dan besar ya.

Baca juga: merk helm terbaik dan paling bagus

2. Tali Pengikat Helm

Tips kedua yang harus sobat perhatikan adalah apakah pengikat helm memiliki daya cengkram / kunci yang solid dan kuat. Ini salah satu komponen paling penting untuk melindungi kepala dari benturan.

Tali pengikat helm yang kurang cengkram akan mudah terlepas, ini sangat bahaya karena jika terjadi kecelakaan akan menyebabkan helm terlepas dari kepala.

Oleh sebab itu periksa dahulu apakah helm yang akan sobat beli tali pengikat helmnya berkerja dengan baik atau tidak.

3. Shell Helm

Shell atau bahan baku luar helm merupakan point yang harus diperhatikan selanjutnya jika sobat akan membeli helm.

Shell inilah yang akan pertama kali bersentuhan dengan sebuah benda apabila terjadi benturan.

Karena fungsinya tersebut maka shell haruslah terbuat daribahan yang keras dan tahan banting / benturan.

4. Inner Helm

Inner adalah bagian dalam dalam helm, bagian inilah yang bersentuhan langsung dengan kepala sobat. Oleh sebab itu bahan inner harus berbagan lembut dan empuk.

Inner yang terbuat dari bahan empuk akan meredam benturan kepala dengan helm. Point ini juga harus disesuaikan dengan point nomor 1, karena jika sebuah helm dibeli dengan ukuran pas dan innernya empuk akan meningkakan keselamatan kepala kita.

5. Harga Helm

Point nomor lima ini merupakan hal yang paling sensitif jika dibicarakan apabila ingin membeli sebuah barang.

Sobat harus paham juga hukum yang berbunyi: harga mahal kualitas bagus, harga murah kualitas patut dipertanyakan.

Memang melihat harga merupakan hal yang penting. Namun sobat bikers jangan hanya terpaut pada point ini saja. Sobat harus menilai juga berdasarkan hukum diatas.

Gak ada cerita barang bagus namun harga gak wajar, so...jadilah konsumen yang smart bro.

6. Jenis Helm

Helm yang paling banyak direkomendasikan adalah jenis helm full face dan open face. Sobat bro bisa pilih salah satu dari jenis helm ini jika ingin membeli sebuah helm.

7. Lulus SNI

Ini adalah point yang paling penting bagi sobat biker semua apabila ingin membeli sebuah helm. Periksa apakah helm yang sobat pilih memiliki sertifikat SNI.

Sobat bisa melihat apakah ada logo SNI pada helm. Jika tidak ada, maka kualitas helm patut dipertanyakan.

Oke sobat biker itulah beberapa tips memilih helm yang tepat dari saya, semoga artikel ini bisa membantu sobat yang akan membeli helm, aamiin.

Silahkan share ke sosial media sobat supaya banyak yang tahu. Terimakasih.

Kata kunci:helm bagus merk apa, merk helm berkualitas, helm yang bagus dan ringan, merk helm terkenal, merk helm terbaik di dunia, daftar harga helm full face, helm terbaru kyt, helm full face paling ringan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »