Cara Mengisi Oli Tabung Shockbreaker dengan Mudah

Mengisi ulang oli pada tabung shockbreaker - merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai penyebab scockbreaker rusak dan cirinya, sobat boleh membacanya jika motor sobat mengalami masalah pada komponen yang satu ini.

Sebetulnya rusaknya komponen motor satu ini jarang sekali terjadi namun jika mengalami abnormal bisa mengganggu juga.

Shockbreaker yang rusak akan mempengaruhi daya pegas ketika mengendarai kendaraan melewati jalan yang rusak atau melewati polisi tidur.

Ini akan menyebabkan ketidak nyamanan pastinya, dimana terkadang motor terasa sangat kaku sekali ketika melewati jalanan bergelombang tersebut bahkan bisa menimbulkan bunyi hentakan antara roda dengan jalan yang sangat keras.

Memang ini tidak akan berpengaruh sangat riskan untuk kendaraan sobat untuk beberapa waktu dekat karena yang akan mengalami kerusakan hanyalah roda saja, seperti ban cepat kempis.

Namun lain ceritanya jika dibiarkan terus-menerus, maka bisa juga berdampak buruk pada komponen lain seperti mesin, dan velg....

Salah satu penyebab rusaknya shockbreaker ini adalah jarang mengganti oli pada shockbreaker, padahal cairan ini sangat penting sebagai pelumas antara bagian didalam shockbreaker.

Nah, bagi sobat yang belum tahu bagaimana cara mengisi ulang oli pada shockbreaker, mungkin cara simpel berikut ini bisa jadi solusi.

Cara Mengisi Oli Shockbreaker

shockbreaker
sumber gambar: bukalapak.com

Cara mengganti oli shock dan juga seal skoknya :
  • Tentu saja hal pertama yang harus di lakukan untuk mengganti oli shoc dan juga sealnya adalah buka terlebih dahulu dan copot ban depan, kemudian lepas juga pada bagian spakboard depan supaya lebih mudah dalam penggantian oli shock motor dan juga untuk memasukkan oli shock.
  • Langkah selanjutnya adalah anda dapat gunakan kunci untuk mengendorkan baut L yang berada di ujung bawah front fork/shock bleker.
  • Jika pada bagian atas tadi sudah anda kendorin maka langkah selanjutnya adalah anda copot satu persatu shocbekernya.
  • Jika sudah tercopot maka selanjutnya adalah anda buka baut L yang tadinya di kendorin, langkah selanjutnya tentunya anda harus keluarin semua oli sampai benar – benar keadaan bersih.
  • Setelah itu anda tarik as shock bleker yang atasnya yang mengkilap sampai copot.
  • Kemudian anda dapat membersihkan dengan menggunakan kain lap yang halus sampai benar – benar bersih.
  • Jika di rasa sudah bersih maka setelah itu anda periksa pada bagian sealnya, apakah masih bagus atau sudah tidak layak pakai lagi, jikalau terdapat karat atau sudah rusak maka anda dapat mengganti sealnya dengan seal yang baru supaya lebih maksimal dan powerfull.
  • Jika sudah di bersihkan maka langkah selanjutnya anda dapat memasang kembali as nya pada  bagian bawahnya.
  • Setelah langkah ke 8 sudah selesai selanjutnya adalah anda tinggal memasukkan oli sealnya lewat baut L yang tadi di copot, usahakan dalam hal ini untuk sesuai dengan takaran / volume oilnya sesuai dengan motor anda.
  • Jika di rasa sudah pass dan sesuai volume takarannya maka saatnya anda pasang kembali baut nya dan jangan lupa untuk memberikan gasket pada baut supaya oli tidak bocor lagi.
  • Langkah yang terakhir adalah anda dapat pasang kembali shocbleker pada motor anda.

Nah, demikianlah sob hal seputar cara mengisi oli shockbreaker ini. Jika sobat ragu dan memang takut melakukannya maka silahkan gunakan saja jasa bengkel karena mungkin hasilnya lebih cepat dan rapih :D.

Sourch: motindo

Artikel Terkait

Previous
Next Post »