Tujuan Lampu Stop (Rem) Diberi Warna Merah?

Lampu stop (rem) - Sobat bikers pernah bertanya tidak, mengapa kendaraan bermotor yang sobat punya, lampu belakangnnya dibalut dengan cangkang berwarna merah ?

Atau mungkin, sobat biker pernah berfikir apa jadinya jika warnanya diganti dengan warna lain saja?

Memang, jika kita membuka bagian tempat lampu maka kita akan mendapatkan sebuah bohlam yang memiliki warna bening, atau kuning.

Bohlam tersebut jika dialiri arus listrik maka akan menghasilkan cahaya berwarna putih atau kuning layaknya bohlam yang sobat biker gunakan di rumah.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah mengapa harus dibalut dengan casing berwarna merah?...mengapa tidak berwarna biru, kuning, atau, hijau saja.

sumber gambar: pixabay.com

Ternyata warna merah pada casing yang digunakan untuk membalut lampu stop (rem) memiliki manfaat dan tujuan tertentu yang ada hubungannya dengan keselamatan berkendara.

Jika sobat bikers pernah belajar Biologi dan Fisika pasti langsung paham akan hal ini. Namun tenang saja sobat bikers, untuk mengetahui alasan mengapa lampu stop (rem) diberi warna merah gak perlu menjadi ahli ilmu IPA tersebut kok 😁.

Begini sobat bikers, pada dasarnya mata manusia itu bisa melihat berbagai macam warna karena ada peran dari cahaya.

Ini bisa sobat bikers buktikan jika dalam keadaan gelap benda yang memiliki warna apa pun tidak akan bisa kita lihat, yang ada hanyalah warna hitam.

Sedangkan cahaya itu sendiri memiliki berbagai macam frekuensi dan panjang gelombang yang berbeda antara satu warna dengan warna lain.

Frekuensi dan panjang gelombang inilah yang akan menyebabkan perbedaan warna pada benda-benda yang kita lihat. Untuk lebih afdol sobat perhatikan daftar frekuensi warna berikut.

sumber gambar: id.wikipedia.org

Mata normal manusia dapat menerima spektrum warna dengan panjang gelombang 400 - 700 nm. Panjang gelombang inilah yang paling ideal karena tidak menyebabkan dampak pada mata.

Nah coba deh sobat bikers cocokan mana panjang gelombang yang paling cocok untuk manusia dari daftar di atas?

Dari daftar diatas warna merah lah yang memiliki panjang gelombang paling panjang (620 - 750) dibandingkan dengan warna lainnya. Jika sebuah warna memiliki panjang gelombang tinggi maka mudah untuk di tangkapoleh mata manusia walau dalam keadaan gelap sekali pun.

Pastinya sobat bikers sering naik motor malam-malam kan? nah warna merah inilah yang bagus jika digunakan dalam gelap, gak terlalu silau dan redup.

Nah, gimana sobat bikers sekarang nambah tahu dong mengapa motor atau mobil sobat bikers lampu stop (rem) nya dibalut dengan casing berwarna merah bukan hijau,biru, atau ungu.

Hayo silahkan dibagikan ke sosial media sobat bikers semua artikel ini, mungkin juga bisa membantu orang lain 😀. Terimaksih ya sudah berkunjung di blog saya ini. Sobat bikers jangan segan-segan membaca info lainnya ya, salam...

Kata kunci: cara membuat lampu rem motor kedap kedip, harga lampu rem led motor, lampu rem led kedap kedip, lampu rem mobil berkedip, lampu led rem belakang motor

Artikel Terkait

Previous
Next Post »