Bahaya ! Bagian Motor Ini Bisa Sebarkan Virus Covid

Virus covid-19 saat ini sudah menjadi bahaya dunia dimana telah menewaskan ribuan orang di beberapa negara termasuk Indonesia.

Saat tulisan ini di buat sudah banyak negara-negara melakukan LockDown agar persebaran virus dapat di tekan se kecil mungkin sehingga korban bisa di putus.

LockDown sendiri adalah himbauan penutupan suatu wilayah dari keluar-masuk nya pendatang ke wilayah tersebut yang dimana dengan melakukan hal ini maka interaksi anatar orang bisa di kurangi.

Kenapa harus melakukan LockDown ?

Covid19 adalah salah satu virus yang menular dari satu orang ke orang lain apabila penderita melakukan kontak langsung dengan orang sehat maka orang sehat tersebut kemungkinan besar akan tertular.

Tidak hanya itu penularan ke orang lain bisa terjadi jika penderita mengeluarkan cairan dari tubuhnya baik batuk, lendir hidung saat bersin, dan cairan lain.

Baca juga ; Cara Mendapat Penghasilan Tambahan Bermodal Kendaraan

Ketika cairan tersebut menempel pada benda-benda umum maka orang sehat yang memegang benda umum tersebut akan tertular apabila ia lalu memegang area seperti muka sebelum mencuci tangan.

Lalu benda-benda apa saja yang mungkin saja terdapat virus Corona ini?

Biasanya benda-benda tempat menempelnya penyakit ini adalah benda-benda umum seperti pegangan pintu, dudukan toilet, meja, tombol mesin ATM, tombol Lift, dan benda-benda yang banyak di pegang orang banyak.

Namun apakah kamu tahu bahwa selain benda-benda umum yang disebutkan di atas ternyata benda-benda milik pribadi milik kita pun bisa saja ikut terpapar.

Contoh benda pribadi yang bisa terpapar adalah:

1. Handphone
2. Kendaraan
3. Pakaian

Kenapa motor beresiko terpapar virus covid19 ini?

Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang akan kita gunakan ketika melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain.

Ketika melakukan perjalanan tersebut resioko sepeda motor ikut terpapar cukup besar dimana apabila hal itu terjadi bisa saja si pemilik ikut terpapar.

Agar tidak tertular melalui perantara benda pribadi milik kita maka terlebih dulu kita mengetahi apa saja sih bagian benda tersebut yang memiliki resiko besar terutama kendaraan pribadi milik kita seperti sepeda motor.

Bagian Motor yang Bisa Terpapar Covid-19


sumber : consumerreports(dot)org

Pegangan Stang Motor

Ya, semua sudah tahu jika pegangan stang sepeda motor adalah bagian dari motor itu sendiri yang tingkat kebersihannya paling rawan.

Dimana pegangan stang akan selalu berhubungan dengan telapak tangan si pengendara dimana resiko terpapar Covid-19 sangat besar.

Mungkin kamu tertarik : Tips mempersiapkan kendaraan untuk pergi jauh

Jika si pemilik motor selesai melakukan aktivitas di tempat kerjanya maka pasti akan memegang benda-benda yang di pegang oleh orang lain seperti memencet tombol lift, keyboard computer, memegang pembuka pintu, dll.

Tangan-tangan yang kotor ini akan bisa memindahkan kuman dan virus yang di dapat dari benda-benda yang di pegang sebelumnya ke pegangan stang motor.

Solusinya adalah, cucilah tangan kamu sebelum memegang stang motor sehingga resiko perpindahan virus tersebut bisa dihindari.

Namun apakah kamu telah mencuci tangan sebelum memegang stang motor dapat terhindar dari virus ini?

Belum pasti !

Ada kemungkinan lain yang bisa terjadi terhadap kamu terkait penularan virus corona ini melalui pegangan stang motor mu.

Motor mu belum cukup aman apabila di gunakan untuk mengunjungi tempat-tempat umum yang di kunjungi orang lain juga.

Ketika kamu mengunjungi tempat tersebut pastinya kamu akan memaprkirkan sepeda motor milik mu di tempat parkir dan ada petugas parkirnya bukan.

Ya benar, petugas parkir ini bisa saja memegang stang motor mu dimana ada kemungkinan besar tanganya kotor.

Virus yang ada di tangan petugas parkir tersebut akan berpindah tempat ke stang motor kamu dan apabila kamu selesai keperluan dan akan pulang maka virus tersebut akan berpindah tempat ke tangan kamu.

Gimana, baru kepikiran ?

Oke jika baru kepikiran. Lalu bagaimana untuk menghindari ini terjadi?

Usahakan selalu membawa handsanitizer maupun antiseptik lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan benda privadi milik kamu sebelum kamu gunakan.

Dan jangan lupa juga hindari memegang area wajah seperti mata, mulut, telinga, hidung ketika tangan belum di sterilkan.

Oke, itulah bagian dari sepeda motor yang bisa sebarkan virus covid-19 yang mungkin belum kita sadari. Mari jaga diri dan lingkungan kita agar terhindar dari endemik ini.

Terimakasih sudah membaca, jika bermanfaat mari share ke orang lain agar banyak yang ikut mengetahui juga. Dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan agar kita selalu diberi keselamatan, aamiin.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »