Bagaimana Cara Menaiki Motor Matic Agar Cepat Bisa

Bagaimana Cara Mengendarai Motor Matic yang Benar?

Cara naik motor matic - Selamat pagi / siang / sore / malam sobat bro sekalian, bagaimana kabarnya? Pastinya baik dong. Nah, pada kali ini saya diberi kesempatan oleh Tuhan untuk membuat post ini.

Sebenarnya postingan ini terinspirasi dari adik saya yang belum bisa mengendarai sepeda motor berjenis matic (skuter matic). Namun gak menutup kemungkinan diluaran sana ada sobat bro yang belum bisa naik motor matic ini ☺ juga.

Wah, kalau matic mah pastinya saya sudah bisa min, gak usa ditanya itu mah...Oke-oke, saya yakin juga kok pastinya sobat bro diluaran sana sudah bisa naik motor matic semua.

Jadi gak berguna dong artikel ini buat saya?....😂

Hem, gimana ya?.... Begini saja, mungkin gak perlu dipertanyakan lagi jika semua cowok pastinya bisa mengendarai motor terutama matic (diluar pengecualian).

Namun pernah gak sobat bro liat ada orang yang mengendarai matic namun sembarangan / gak sesuai prosedur pemakaian?...pastinya pernah dong, bahkan sering ya.

Nah mungkin dengan membaca postingan ini bagi sobat bro yang selama ini masih mengabaikan prosedur menaiki motor matic yang benar bisa tobat...hehe. Soalnya sayang bro kamu sudah kredit mahal-mahal namun kurang menjaga.

Nah, jika jalan ceritanya kaya gitu. Berikut cara naik motor matic agar cepat bisa (bagi yang pemula 👍) dan sesuai prosedur bagi sobat bro yang sudah master 😋.

Tips Cara Naik Motor Matic

sumber gambar: youtube.com

Beberapa hal penting yang ada pada motor matic yang harus sobat perhatikan terlebih dahulu, jika sudah paham mengapa pabrik merancang seperti itu maka sobat sekalian akan bisalebih mudah mengoperasikan motor matic.
  1. Matic hanya punya pegas satu buah.
  2. Memiliki Standart otomatis untuk off (mematikan mesin).
  3. Semua rem ada di stang.
  4. Gunakan pelumas khusus matic.
Pembahasan

1. Berhubungan dengan Pegas

Karena motor jenis skuter matic ini hanya punya pegas berjumlah satu, daya elastisnya lebih rendah dibandingkan dengan motor jenis bebek atau motor kopling.

sumber gambar : google image (edit)

Coba deh liat motor matic sobat bro, lalu hitung berapa jumlah pegasnya...pastinya berjumlah 1 kan?...Lalu naiki motor itu dan genjot...jika sudah bandingkan dengan motor jenis lain (bebek/ kopling).

Hal ini membuat ban cepat bocor / pecah jika memakain secara kasar terutama di jalan berbatu dan polisi tidur.

Usahakan sobat bro jika melewati jalan yang gak mulus kurangi kecepatan, jangan main hantam ketika melewati sebuah penghambat kecepatan (polisi tidur).

So, selalu perhatikan kondisi kendaraan sobat bro dan lingkungan yang akan dilalui jika mau motor maticnya awet.

2. Berhubungan dengan Standart

Mayoritas motor matic itu mempunyai standart yang merangkap tombol off (mematikan mesin). Letak standart ini disebelah kiri pijakan.

Motor tidak akan bisa menyala jika standart tidak diangkat / dilipat. Jadi sebelum menyalakan mesin perhatikan apakah standart sudah tidak lagi menghadap kebawah.

Ini pentingnya...terkadang ada orang yang mematikan mesin dengan menurunkan standart dibandingkan dengan menggunakan kunci.

Standart itu bukan diciptakan untuk on/off namun untuk meletakan motor. Yang paling bagus adalah matikan motor dulu dengan kunci baru menurunkan standart.

3. Berhubungan dengan Rem

Jika pada motor bebek rem berada pada pijakan kaki dan stang tangan kanan, hal ini berbeda untuk motor jenis matic dimana semua kendali rem berada distang.

Cara terbaik untuk menggunakan fitur ini adalah meremas secara bersamaan jika sobat ngerem. Ini dimaksudkan agar banbelakang dandepan sama-sama berhenti.

Jika hanya salah satu rem yang digunakan dapat menyebabkan motor oleng dan bukan tidak mungkin sobat bisa tergelincir dan jatuh, amit-amit ya.

Oleh sebab itu lakukan pengereman dengan menggunakan keduanya, agar lebih maksimal dalam memberhentikan motor.

4. Seputar Pelumas

Pelumas atau yang sering disebut oli merupakan cairan yang berguna untuk menjaga suhu mesin agar tidak mudah panas, dan menjaga kehausan akibat gesekan perangkat dalam mesin.

Untuk menjaga umur mesin agar tetap awet usahakan sobat bro sekalian menggunakan pelumas yang di khususkan untuk motor matic dan jangan asal.

Masa iya, anak bayi dikasi jamu yang seharusnya susu, begitu juga dengan motor harus tepat dalam merawatnya gak boleh asal.

Nah, sekarang sobat sudah tahu cara merawat dan menggunakan motor matic yang benar, lalu bagimana cara naikmotor matic bagi yang belum bisa?

Oke, jika sobat belum bisa naik motor matic ikuti langkah berikut ini:
  1. Lakukan ditempat aman dan luas (lapangan misalnya) + gunakan helm
  2. Angkat standart (gulung)
  3. Masukan kunci --> putar hingga lampu spidometer menyala
  4. Tekan tombol stater +  tarik rem tangan kanan (tergantung jenis maticnya)
  5. Putar gas secara perlahan hingga motor berjalan
  6. Untuk berhenti kurangi kecepatan secara perlahan dan tarik rem
  7. Jika baru pertama kali mintalah dampingan dari orang yang sudah bisa.
  8. Selalu jaga keselamatan
Oke, sobat bro. Demikianlah postingan saya kali ini seputar cara naik motor matic yang benar, semoga menambah wawasan sobat sekalian ya, aamiin.

Thanks berat loh sudah berkunjung ke blog ini, saya minta tolong dong sebarkan ke sosial media kamu biar banyak yang tahu. Salam...

Kata kunci: cara mengendarai motor matic di turunan, cara naik motor matic, cara belajar naik motor tapi tidak bisa naik sepeda, cara belajar motor matic, belajar motor matic, cara mengendarai motor matic, cara mengendarai motor matic bagi pemula

Artikel Terkait

Previous
Next Post »